Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Terima Kunjungan Ketua International Accreditation Forum (IAF)

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 2823 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad, menerima kunjungan penting dari Ketua International Accreditation Forum (IAF), Emanuele Riva, di Jakarta pada Rabu, (20/03/2024) di Kantor BSN, Jakarta. Kunjungan tersebut menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara KAN dengan lembaga internasional terkait akreditasi.

Dalam pertemuan tersebut, Kukuh S. Achmad didampingi oleh Sekretaris KAN, Donny Purnomo; Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari; Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo; serta Ketua Tim Kerja Sumber Daya dan Harmonisasi BSN, Awan Taufani. Mereka memberikan sambutan hangat dan menyampaikan berbagai informasi terkait organisasi KAN, skema akreditasi yang telah dioperasikan oleh KAN, serta perkembangan terkini penilaian kesesuaian di Indonesia.

Kukuh S. Achmad menekankan bahwa KAN adalah lembaga akreditasi yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan standar internasional sebagai badan akreditasi penandatangan Mutual Recognition Arrangement/Multilateral Recognition Agreement (MRA/MLA) di tingkat internasional. "Sampai saat ini, KAN telah mengoperasikan sebanyak 41 skema akreditasi, beroperasi secara profesional, independen, dan tidak memihak," tambahnya. Hal ini menunjukkan komitmen KAN dalam menjaga standar kualitas yang tinggi dalam layanan akreditasi yang diberikan.

Emanuele Riva menyampaikan pentingnya MLA dalam memfasilitasi pertukaran barang dan jasa. IAF terus-menerus berupaya mengajak seluruh pemangku kepentingan dapat menggunakan instrumen MLA untuk saling mengakui hasil penilaian kesesuaian secara global, baik sektor voluntary namun juga sektor yang diregulasi.

Selama kunjungan tersebut, Kukuh S. Achmad juga mengajak Emanuele Riva untuk mengunjungi ruang kerja Sekretariat KAN yang terletak di Gedung B lantai 2. Hal ini bertujuan agar Emanuele dapat melihat langsung layanan yang disediakan oleh KAN dan juga memperkuat pemahaman tentang pentingnya peran KAN dalam memberikan layanan yang terbaik bagi para pemangku kepentingan.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran informasi, tetapi juga memperkuat kerja sama antara KAN dengan IAF, sehingga dapat terus meningkatkan mutu dan kredibilitas layanan akreditasi yang diberikan kepada masyarakat dan industri. (awg-humas)

 

Galeri foto: BSN Terima Kunjungan Ketua International Accreditation Forum (IAF)