Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Melakukan Rapat KAN dan Kaji Ulang Manajemen 2024

  • Senin, 25 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1469 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan Rapat KAN bersamaan dengan Kaji Ulang Manajemen pada Rabu (20/3/2024) di Jakarta.

Kepala BSN selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad memimpin Rapat KAN yang diikuti Sekretaris KAN dan para anggota KAN yang merupakan perwakilan pemerintah, industri asosiasi, profesional maupun akademisi.

Pada pertemuan ini, KAN membahas Keputusan akreditasi terhadap 60 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), yang terdiri dari Laboratorium Pengujian, Laboratorium Kalibrasi, Laboratorium Medis, Penyelenggara Uji Profisiensi, Lembaga Sertifikasi Produk, Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen, Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan, hingga Lembaga Inspeksi.

Dalam memenuhi standar kompetensi pengoperasian badan akreditasi SNI ISO/IEC 17011, KAN wajib melakukan management review atau Kaji Ulang Manajemen untuk mengevaluasi kinerjanya selama satu tahun terakhir, membahas usaha-usaha peningkatan kinerja, merespon perubahan lingkungan strategis akreditasi guna melakukan penyesuaian yang relevan, serta mengidentifikasi kebutuhan sumber daya dalam merespon peluang dan tantangan ke depan.

Adapun beberapa agenda kaji ulang manajemen secara khusus membahas partisipasi KAN dalam berbagai kegiatan internasional, imparsialitas KAN, umpan balik dari para pihak, bidang akreditasi baru, tren ketidaksesuaian, status tindakan perbaikan, tindakan untuk mengatasi risiko dan menindaklanjuti peluang, pemenuhan terhadap sasaran, perubahan-perubahan sistem manajemen, banding, dan keluhan.

Rapat KAN dilaksanakan setiap bulan untuk membahas keputusan akreditasi terhadap LPK.(Put)

 

Galeri Foto: KAN Melakukan Rapat KAN dan Kaji Ulang Manajemen 2024 




­