Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peringatan HUT BSN ke-27: Stakeholder Bicara Standardisasi, Penilaian Kesesuaian dan Metrologi

  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 974 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) genap berusia 27 tahun pada tanggal 26 Maret 2024. Pada tahun ini, BSN menggelar acara Peringatan Hari Ulang Tahun di kantor BSN Mampang, Jakarta pada Selasa (26/03/24). Peringatan HUT tahun 2024 ini mengusung tema “Terus Berkarya Untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia”.

“Dari waktu ke waktu, keberadaan BSN terus dibutuhkan oleh para stakeholder, kita sudah menyiapkan diri, baik dari aspek standardisasi, penilaian kesesuaian dan metrologi. Tujuannya yang utama memberi kontribusi di dalam perlindungan masyarakat, serta memberi kontribusi dalam meningkatkan daya saing nasional.” ungkap Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam sambutannya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan tahun ini BSN mengundang 3 (tiga) orang stakeholder untuk mengisi sesi Stakeholder Bicara. Ketiga narasumber tersebut ialah Presiden Masyarakat Metrologi Indonesia, Sukiswanto; Ketua Masyarakat Standardisasi, Supandi; dan Perwakilan Anggota Komite Akreditasi Nasional (KAN), Arief Safari.

Dalam statement-nya, Sukiswanto menginginkan agar kedepannya masyarakat dapat menganggap metrologi sebagai sebuah kebutuhan. “Metrologi itu belum menjadi budaya tapi hanya sekadar pemenuhan. Tentunya perlu kita kembangkan bersama bagaimana caranya agar metrologi dianggap sebagai kebutuhan.” jelas Sukiswanto.

Dari aspek standardisasi, Supandi mengapresiasi kinerja BSN selama 27 tahun ini. Menurutnya BSN memiliki peran penting sebagai pilar utama bagi negara. Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian penting dalam menjamin kualitas produk dan keselamatan konsumen, mendorong adanya inovasi, memfasilitasi perdagangan, hingga meningkatkan daya saing bangsa.

Berdasarkan hasil survey tentang Indeks Insfrastruktur Mutu dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan atau Quality Infrastructure for Sustainable Development Index (QI4SD) yang diadakan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNISO) pada tahun 2022, Indonesia berada di peringkat 34 dari 137 negara, dan berada di peringkat 2 di ASEAN. Pada penyampaiannya, Arief Safari  memotivasi BSN untuk terus meningkatkan prestasinya sehingga dapat menjadi peringkat 1 di ASEAN.

Selamat Ulang Tahun ke-27 BSN, semoga dapat terus berkarya untuk meningkatkan daya saing Indonesia melalui standardisasi, penilaian kesesuaian dan metrologi.

 

Galeri foto: Peringatan HUT BSN ke-27: Stakeholder Bicara Standardisasi, Penilaian Kesesuaian dan Metrologi