Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Perkuat E-Governance melalui Bimtek SI BANG BENI kepada LSPro Jabar

  • Kamis, 04 April 2024
  • Humas BSN
  • 1724 kali

Dalam rangka pemenuhan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2018 mengenai persetujuan penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SNI) yang diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) kepada pelaku usaha, BSN memberikan layanan penerbitan Surat Persetujuan Penggunaan Tanda (SPPT) SNI berbasis online melalui aplikasi barang ber-SNI atau SI BANG BENI. Sehingga pelaku usaha dapat melakukan pengajuan SPPT SNI setelah Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro)-nya melakukan input data pada aplikasi SI BANG BENI. Untuk itu, BSN memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi SI BANG BENI kepada beberapa LSPro di Jawa Barat, yaitu Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BBSPJI) Logam dan Mesin; BBSPJI Keramik dan Mineral Non Logam; BBSPJI Tekstil serta PT Karsa Bhakti Persada, Bandung - Jawa Barat, pada Jumat (22/3/2024).

Di dalam kesempatan tersebut, BSN menyampaikan informasi terkait alur proses penerbitan SPPT SNI dan rancangan petunjuk teknis (juknis) peng-input data klien LSPro pada aplikasi SI BANG BENI. 

Berbicara mengenai penggunaan aplikasi SI BANG BENI, memungkinkan pelaku usaha yang telah memiliki sertifikat kesesuaian dari LSPro dapat mengajukan penerbitan SPPT SNI, sepanjang data sertifikat kesesuaian yang ada telah diinput oleh LSPro pada aplikasi dimaksud.

Semakin memudahkan pelaku usaha, Aplikasi ini menjawab kebutuhan penerapan SNI yang semakin meningkat melalui layanan penerbitan SPPT SNI yang prima. Oleh karena itu, BSN sejak tahun 2018 memberikan pelayanan permohonan penerbitan SPPT SNI secara daring kepada para pelaku usaha yang terus disempurnakan secara berkelanjutan. BSN telah menerbitkan total sebanyak 2.091 penerbitan SPPT SNI terhitung sejak tahun 2018 hingga 2023, sedangkan pada tahun 2024 hingga bulan Maret telah diterbitkan sebanyak 273 SPPT SNI.

Besar harapannya melalui kegiatan Bimtek dapat meningkatkan pemahaman LSPro terhadap layanan penerbitan SPPT SNI sekaligus berdampak pada semakin efektifnya pelayanan penerbitan SPPT SNI, baik dari penginputan maupun verifikasi data. 

Sebagai informasi, grafik berikut ini menunjukkan tren positif terhadap peningkatan penerapan SNI yang sejalan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat secara umum akan pentingnya penerapan SNI, guna menunjukkan kualitas barang dan jasa yang dihasilkan bermutu serta mampu bersaing di pasar global. (PjA – Humas)

 Gambar. 1 Grafik Jumlah Penerbitan SPPT SNI per tahun (untuk SNI Sukarela) per Maret 2024

 

Galeri Foto: BSN Perkuat E-Governance melalui Bimtek BANGBENI kepada LSPro Jabar