Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sosialisasi Dokumen Standar Skema Akreditasi LSSMAP

  • Jumat, 19 April 2024
  • Humas BSN
  • 453 kali

Guna meningkatkan pemahaman terhadap sistem dan proses akreditasi manajemen anti penyuapan, Kedeputian Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) melaksanakan Sosialisasi Dokumen Standar Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (LSSMAP) kepada para pimpinan lembaga sertifikasi akreditasi pada Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang terkait pada Rabu (19/04/2024) secara hybrid.

Membuka acara, Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari mengatakan bahwa untuk standar 37001:2016 telah diadopsi oleh BSN sejak tahun 2016, pada tahun 2024 ini sudah ada 25 LSSMAP, 5 LSSMAP (dalam proses akreditasi) dan sudah ada 1648 lebih organisasi yang menerapkan SNI ISO 37001.

Lebih lanjut Fajarina juga menjelaskan latar belakang perubahan KAN K 07 07 salah satunya adalah masukan dari lembaga sertifikasi tentang pemenuhan kompetensi personel sertifikasi. Dalam paparannya Fajarina juga mengenalkan salah satu fitur terbaru dalam KANMIS yaitu registrasi simbol akreditasi, khusus untuk LPK yang diakreditasi KAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17021, fitur ini adalah sarana LPK untuk pengajuan penggunaan simbol akreditasi.

Acara berikutnya adalah penyampaian materi tentang persyaratan tambahan akreditasi lembaga sertifikasi sistem manajemenanti penyuapan oleh Analis Standardisasi Ahli Muda, Tri Ramandhani. Dalam keterangannya Tri mengatakan bahwa LSSMAP harus memiliki fungsi kepatuhan terkait anti penyuapan. Melalui sosialisasi ini, diharapkan lembaga penilai keseuaian yang hadir dapat memahami aturan terbaru dengan baik. (awg-Humas)