Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian NTB Perkuat Infrastruktur Mutu

  • Rabu, 08 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 1906 kali

Dalam rangka penguatan Infrastruktur Mutu sekaligus mendukung peningkatan daya saing produk unggulan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan pertemuan dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian NTB, pada Jum’at (3/5/2024) yang bertempat di Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Kota Mataram – Nusa Tenggara Barat.

“Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) NTB tahun 2020 – 2040 berpotensi untuk diperkuat daya saingnya melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI),” ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah dalam kesempatan tersebut. 

Potensi pengembangan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di NTB, sangat baik untuk dikembangkan yang dapat dilihat melalui data yang tersaji pada Website kan.or.id bahwa terdapat 17 Laboratorium Penguji serta 1 Laboratorium Kalibrasi di NTB.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti menyambut positif kegiatan pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di NTB bersama BSN, guna meningkatkan daya saing produk-produk unggulan NTB baik di pasar domestik maupun luar negeri.

“Saat ini sudah ada beberapa IKM dari NTB yang berusaha merambah pasar ekspor. Dengan peningkatan Infrastruktur Mutu di NTB diharapkan dapat membantu para IKM memenuhi persyaratan dari negara tujuan ekspor,” ungkapnya. 

Berkenaan dengan pelaku usaha di Wilayah NTB, Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri Kementerian Perindustrian Provinsi NTB, Aryanti Dwiyani mengatakan bahwa antusiasme pelaku usaha di NTB untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tata cara penerapan sekaligus proses Sertifikasi SNI sangat tinggi. 

"Diharapkan setelah diadakannya pertemuan dengan BSN ini akan dilanjutkan dengan kerja sama untuk semakin memperkuat Infrastruktur Mutu yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing produk NTB, serta semakin meningkatkan kesadaran masyarakat NTB akan pentingnya Standardisasi," ujar Aryanti. 

Kolaborasi program peningkatan Infrastuktur Mutu BSN - Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian NTB diantaranya adalah pelatihan juga penyuluhan penerapan standar-standar mutu yang diperlukan oleh berbagai sektor industri dan perdagangan NTB.

Selain itu, kolaborasi ini turut mendukung pembentukan juga pengembangan standar-standar lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik khusus NTB. Secara keseluruhan, jalinan kolaborasi ini adalah langkah yang strategis dalam upaya meningkatkan Infrastruktur Mutu di NTB, yang berpotensi memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah NTB. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: BSN bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian NTB Perkuat Infrastruktur Mutu