Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Corner Berdiri di Pusat Perpustakaan dan Literasi Kementan Bogor

  • Senin, 13 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 447 kali

Pusat Data dan Informasi Badan Standardisasi Nasional (Pusdatin BSN) mendukung Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian, Kementerian Pertanian, yg berlokasi di Bogor dalam melengkapi layanan dan koleksinya serta melakukan penyebaran informasi melalui penyelenggaraan SNI Corner.

Untuk itu, telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyebarluasan dan Pemanafaatan Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian melalui SNI Corner oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BSN, Zul Amri dan Kepala Pusat Perpustakaan dan Literasi Kementan Bogor, Muchlis di Bogor, Senin (13/5/2024). Acara ini dihadiri oleh perwakilan unit di lingkungan Setjen Pertanian; Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementan; dan dari BSN yaitu Ketua Tim Kerja Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin; Pustakawan Ahli Muda BSN, Nihayati; Indra Saefudin; Albi Kusuma; Agus Setiawan; serta Basundoro. Kerja sama ini diinisiasi oleh Pusat Perpustakaan dan Literasi Kementan Bogor yang ingin mengembangkan dan memperkaya perpustakaannya dengan informasi terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian yang dapat digunakan untuk menunjang tugas dan fungsi dari Kementan terkait Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Data dan Informasi BSN, Zul Amri menjelaskan bahwa standar sangat penting untuk suatu produk, proses dan lainnya. Menurut Zul, penerapan standar banyak memiliki beberapa manfaat. “Dengan adanya SNI Corner, kita dapat sharing berbagai informasi khususnya terkait informasi pertanian. Banyak standar terkait pertanian dan keberlangsung ekonomi, karena standar ini mendukung inovasi,” ungkap Zul.

Zul menambahkan bahwa standar tersebut awalnya bersifat sukarela dan ketika diwajibkan maka prosesnya harus dinotifikasi ke WTO. Dalam layanan ada standar-standar yang diterapkan karena dengan diterapkannya standar maka jasa layanan akan mendapatkan kepuasan dari masyarakat. Kepala Pusat Perpustakaan dan Literasi Kementan Bogor, Muchlis menjelaskan bahwa dengan adanya SNI Corner di Pusat ini maka Perpustakaan disini akan menjadi nilai tambah dan memperkaya koleksi di Perpustakan Kementan. Pusat Perpustakaan dan Literasi Kementan melayani semua lingkup pertanian dan terhubung dengan 108 perpustakaan di lingkup Kementan.

Oleh karena penyebaran informasinya sampai ke perpustakaan atau taman bacaan di tingkat daerah dan pengunjung yang datang akan semakin nyaman dengan membaca dan menambah wawasan khususnya sektor pertanian sehingga kebutuhan akan informasi terkait Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian akan segera terpenuhi.

Muchlis menegaskan bahwa Layanan di pusat perpustakaan Kementan ini akan semakin lengkap degan adanya SNI Corner dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya dalam melayani kunjungan yang dilakukan oleh berbagai kalangan pemustaka baik dari mahasiswa, siswa sekolah menengah atas dan umum lainnya. Setelah agenda penandatanganan dan launching SNI Corner, acara ini dilanjutkan dengan sesi paparan mengenai pemanfaatan SNI Corner yang dibawakan oleh Indra Saefudin. (NIH, AKH, IDR)