Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

World Halal Standards Day 2024

  • Jumat, 17 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 2073 kali

 

Standardisasi dan penilaian kesesuaian telah menjadi bagian yang sangat penting bagi industri halal. Tanggal 17 Mei ditetapkan sebagai World Halal Standards Day oleh The Standards and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC), yang merupakan organisasi di bawah Organization of Islamic Cooperation (OIC/Organisasi Kerja sama Islam).

Sejak didirikan pada tahun 2010, dengan menyelaraskan praktik halal dengan standar yang telah ditetapkan, SMIIC bertujuan untuk menciptakan sistem yang andal dan transparan yang menumbuhkan kepercayaan di antara konsumen dan memfasilitasi perdagangan dalam pasar halal global.

Tema World Halal Standards Day 2024 adalah "Pioneering Excellence: Advancing the Halal Industry with OIC/SMIIC Standards".

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai wakil Indonesia secara resmi menjadi anggota SMIIC pada 2020 dan telah mengambil peran penting. Diantaranya, dengan terlibat dalam penyusunan standar pada 10 TC (Technical Commiittee/Komite Teknis) SMIIC. Selain itu, personel BSN juga menjadi ketua Committee for Conformity Assessment (CCA) yang menjadi bagian dari SMIIC.

Menggabungkan ranah "halal" dan "standardisasi" tidak hanya meningkatkan kredibilitas produk dan layanan halal tetapi juga mendorong inovasi dan pertumbuhan dalam industri.

 

Salam #banggamemakaisni