Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Jamin Ketertelusuran Pengukuran di Internasional melalui Peer Review

  • Selasa, 14 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 465 kali

Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Termoelektrik dan Kimia (TK) Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berupaya menjamin ketertelusuran pengukuran di tingkat internasional dengan melakukan peer review untuk lingkup fotometri dan radiometri. Proses peer review berlangsung selama 3 hari mulai Senin (13/05/2024) sampai Rabu (15/05/2024) oleh Annette Koo, ahli metrologi fotometri dan radiofotometri dari Measurement Standard Laboratory (MSL), lembaga metrologi nasional Selandia Baru. Opening meeting dipimpin langsung oleh Deputi Bidang SNSU BSN, Kristianto Widiwardono dan dihadiri oleh Ghufron Zaid, selaku Direktur SNSU TK BSN, dan A. Praba Drijarkara, selaku Direktur Akreditasi Laboratorium, serta seluruh tim laboratorium fotometri dan radiometri juga turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kristianto menyampaikan bahwa hingga saat ini Laboratorium SNSU BSN telah memiliki 148 CMC (Calibration and Measurement Capability/Kemampuan Kalibrasi dan Pengukuran) yang diakui oleh CIPM MRA dalam Appendix C dan 390 CMC yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). “Pada lingkup fotometri dan radiometri, laboratorium SNSU BSN sejak tahun 2023 telah memperoleh pengakuan dari CIPM MRA untuk 1 CMC dan 23 CMC terakreditasi oleh KAN,” lanjutnya.

Pada peer review kali ini, terdapat 28 lingkup yang akan direviu, di mana 27 lingkup tersebut merupakan lingkup baru. Peer review dalam laboratorium kalibrasi adalah proses evaluasi yang dilakukan oleh ahli di bidang kalibrasi yang independen untuk menilai kemampuan dan akurasi suatu laboratorium kalibrasi dalam melakukan pengukuran. Tujuan utama dari peer review adalah memastikan bahwa suatu laboratorium telah memiliki kemampuan dan mematuhi prosedur serta standar yang diakui secara internasional untuk menjamin akurasi pengukurannya.

Peer review juga merupakan salah satu tahap yang harus dilakukan Laboratorium SNSU BSN sebagai lembaga metrologi nasional atau National Metrology Institute (NMI) untuk mendapatkan pengakuan CMC di tingkat internasional. Dengan memiliki CMC yang tercantum dalam Appendix C CIPM MRA, suatu laboratorium metrologi menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi standar internasional dalam kalibrasi dan pengukuran, serta ketertelusuran pengukurannya telah diakui secara global. (dnh/humas)

 

Galeri Foto: SNSU BSN Jamin Ketertelusuran Pengukuran di Internasional melalui Peer Review