Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Deputi Bidang PSPK BSN: Sertifikasi Kebutuhan Pokok UMKM Guna Tingkatkan Daya Saing

  • Jumat, 17 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 860 kali

Transformasi berbagai sektor usaha termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu dilakukan secara berkelanjutan, dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pokok salah satunya peningkatan kualitas atau mutu produk yang dihasilkan. 

"Sertifikasi adalah kebutuhan pokok bagi UMKM guna meningkatkan daya saing, memberikan perlindungan bagi konsumen, menciptakan kepercayaan masyarakat yang lebih baik, termasuk memperluas akses pasar baik domestik maupun global," demikian ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zakiyah saat menjadi Pembicara dalam Talkshow Inabuyer B2B2G Expo 2024, Jum'at (17/5/2024) di Gedung Smesco, Jakarta. 

BSN memiliki peranan strategis bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) guna mendorong peningkatan daya saing nasional melalui kegiatan pendampingan penerapan SNI bina-UMK.

"BSN memiliki kebijakan SNI bina-UMK terutama bagi produk kategori risiko rendah. Pelaku usaha yang berkomitmen kuat menerapkan standardisasi dapat melakukan registrasi untuk memperoleh tanda SNI bina-UMK melalui website OSS," ungkapnya.

Berbicara mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI), terdata hingga April 2024 sudah sebanyak 15.223 SNI yang ditetapkan oleh BSN, dan 12.372 SNI masih berlaku.

“Dari berbagai SNI yang telah ditetapkan oleh BSN, tidak hanya berkaitan dengan produk namun juga sistem manajemen, hingga proses,” jelas Zakiyah.

Sementara itu, SPK atau conformity assessment memiliki kata kunci yaitu demonstration dengan evidence, yang membuktikan bahwa suatu produk benar-benar memenuhi persyaratan suatu standar. Untuk itu, Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) perlu acuan standar untuk membuktikan terpenuhinya persyaratan mutu suatu produk yang dihasilkan.

Acara yang berlangsung dengan sangat interaktif ini, dihadiri oleh berbagai kalangan para pelaku usaha sektor makanan-minuman hingga game. Melalui kegiatan ini, BSN berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya peranan SNI, agar pelaku usaha termasuk UMKM memenuhi kebutuhan pokok untuk mewujudkan iklim kewirausahaan yang semakin berdaya saing di Indonesia melalui sertifikasi. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Deputi Bidang PSPK BSN: Sertifikasi Kebutuhan Pokok UMKM Guna Tingkatkan Daya Saing