Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Bahas Pengembangan UMKM dengan IWAPI

  • Selasa, 21 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 1054 kali

Badan Standardiasi Nasional (BSN) menerima audiensi dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) pada Selasa (21/5/2024) di Kantor BSN, Jakarta. Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian (PPSPK) BSN, Nur Hidayati dan tim menerima kunjungan IWAPI yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian & Peternakan IWAPI, Yanty Melianty dan juga Anggota IWAPI, Arsilia Arsyadjuliandi.

Dalam kunjungannya, Yanty menyampaikan bahwa saat ini  IWAPI memiliki lebih dari 30.000 anggota perempuan pengusaha, dimana 98% anggota IWAPI adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, ia terus mendorong anggotanya untuk bisa terus mengembangkan usahanya, salah satunya dengan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Yanty berharap BSN dapat berbagi pengetahuan dan memberikan bimbingan untuk anggota IWAPI dalam penerapan SNI, mulai dari pengetahuan dasar tentang SNI, penerapan SNI produk dan sistem manajemen, hingga strategi pengelolaan krisis dalam berusaha.

Direktur PPSPK BSN, Nur Hidayati menyambut baik kunjungan dan rencana IWAPI untuk bisa meningkatkan kompetensi dan mendorong UMKM untuk bisa berkembang melalui penerapan standar. Ia mengatakan BSN akan mendukung program IWAPI melalui Bimbingan Teknis maupun Webinar yang membahas tentang penerapan SNI.

Nur mengungkapkan, pihaknya senang sekali bisa berkolaborasi dengan IWAPI sehingga ada duta-duta SNI yang membantu menyebarluaskan pentingnya penerapan SNI bagi pelaku usaha. BSN juga menyambut baik usulan IWAPI akan diadakannya webinar series untuk membangun awareneess dan bimbingan teknis, sekaligus pendampingan penerapan SNI.

“BSN membutuhkan mitra seperti IWAPI untuk membantu menyuarakan pentingnya SNI kepada pelaku usaha,” ungkap Nur.

Kolaborasi antara BSN dan IWAPI ini harapannya dapat meningkatkan daya saing produk UMKM dan mendukung program pemerintah terkait kesetaraan gender karena IWAPI yang merupakan wadah para perempuan pengusaha Indonesia, mempunyai  misi menjadikan perempuan Indonesia mandiri secara ekonomi dan berperan aktif dalam membantu ekonomi keluarga untuk ketahanan keluarga, serta membantu meningkatkan ekonomi bangsa dalam mewujudkan Indonesia maju.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: BSN Bahas Pengembangan UMKM dengan IWAPI