Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

APAC Lakukan Peer Evaluation Terhadap KAN Tahun 2024

  • Senin, 27 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 1377 kali

Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) kembali melaksanakan Peer Evaluation terhadap Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kegiatan ini akan berlangsung pada 27 - 31 Mei 2024. Peer Evaluation secara resmi dibuka oleh Sekretataris Utama BSN selaku Plt. Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo, pada Senin (27/5/2024), di Kantor BSN, Jakarta. Dalam kesempatan ini, hadir Tim Evaluator APAC dari berbagai negara, yaitu: 

  1. Apisit Prakarnkamanant (Skema Lembaga Sertifikasi Produk, Proses, dan Jasa sebagai Lead Evaluator, Thailand)
  2. Patrick Joseph McCullen (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, USA)
  3. Vijay Mediratta (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Energi dan Lembaga Validasi dan/atau Verifikasi, Qatar)
  4. Kim Howard Leighton (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan Food Safety System Certification, Australia)
  5. Zhigao Fu (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi, China)
  6. Atefeh Shahverdi (Skema Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, Iran)
  7. Nathathai Sangobpant (Skema Lembaga Sertifikasi Person, Thailand)
  8. Jason Tan (Skema Lembaga Inspeksi, Singapore)
  9. Srikanth Ramachandraiah (Skema Laboratorium Kalibrasi, India)
  10. Adam Gouker (Skema Laboratorium Penguji, USA)
  11. Andrew Lewis (Skema Penyelenggara Uji Profisiensi, Kanada)
  12. Panadda Virounbounyapat (Skema Laboratorium Medik, Thailand)

Turut hadir dalam acara pembukaan ini para Direktur dan Ketua Tim Deputi Bidang Akreditasi BSN didampingi staf KAN.

Selain office evaluation, evaluator juga melakukan penyaksian/witness asesor KAN saat melaksanakan asesmen ke Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) (28-30/5/2024), yaitu ke 19 LPK perwakilan dari seluruh Indonesia, dan diakhiri dengan penutupan (31/5/2024).

Saat ini, Indonesia telah memiliki lebih dari 2.500 Lembaga Penilaian Kesesuaian yang telah terakreditasi oleh KAN. “Kami percaya bahwa selama evaluasi ini kami akan menerima banyak masukan dan saran untuk meningkatkan proses akreditasi. KAN memiliki 16 skema yang telah mendapatkan Mutual Recognition Arrangement (MRA) dari APAC dan lebih dari 20 skema untuk kepentingan nasional,” ungkap Donny saat membuka pertemuan.

Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi BSN, Sugeng Raharjo menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang No 20 Tahun 2014, KAN menjadi bagian dari ekosistem infrastruktur mutu melalui standardisasi dan penilaian kesesuaian. “Dalam beroperasi, KAN didukung oleh standar dan metrologi. Dalam implementasi, kementerian dan Lembaga menggunakan akreditasi KAN untuk mendukung sistem mereka,” kata Sugeng.

APAC Peer Evaluation bertujuan untuk mempertahankan pengakuan internasional 16 skema akreditasi yang telah diperoleh KAN. (Put – Humas)