Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dorong Penerapan Standar Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan untuk Tingkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Formal dan Lembaga Pelatihan

  • Senin, 27 Mei 2024
  • Humas BSN
  • 913 kali

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo menyampaikan sambutannya dalam Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Formal dan Lembaga Pelatihan melalui Penerapan Standar Manajemen Organisasi Pendidikan SNI ISO 21001 dan Standar Layanan Pendidikan Nonformal SNI ISO 29993 pada Senin (27/05/2024).

Seminar dengan narasumber Prof. Dana Santoso Saroso, Ph.D.; Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) BSN, Arini Widyastuti; dan Auditor Evodia Global Sertifikasi, Muhammad Hatta Adam ini mengupas secara komprehensif peran dan manfaat standar SNI ISO 21001 dan SNI ISO 29993 dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan baik formal dan nonformal di Indonesia.

Dalam sambutannya Donny menyampaikan bahwa kedua standar ini pada dasarnya ditetapkan untuk penerapan sukarela, sehingga organisasi dapat memilih standar mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya. “Saya harap seminar nasional ini dapat memberikan wawasan yang lebih lengkap dan jelas, serta dapat menggali potensi manfaat yang diperoleh dari kedua standar ini bagi organisasi pendidikan,” pungkas Donny.

Prof. Dana memaparkan materinya yang berjudul “Peningkatan Kualitas Lembaga Pelatihan melalui Penerapan Standar Manajemen Pelatihan SNI ISO 29993”. Sedangkan Arini menyampaikan presentasinya terkait peningkatan kompetensi SDM SPK dan lisensi lembaga pelatihan di bidang SPK. Sebagai narasumber terakhir, Adam menjelaskan pentingnya implementasi SNI ISO 21001 untuk lembaga pendidikan formal dan nonformal.

SNI ISO 21001:2018 Organisasi pendidikan — Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan — Persyaratan dengan Panduan Penggunaan, merupakan standar sistem manajemen yang bertujuan memberikan panduan dan cara untuk membuktikan secara formal bahwa suatu organisasi yang mengelola kegiatan pendidikan baik formal maupun nonformal mampu secara efektif dan efisien mencapai tujuan pendidikan yang diberikan. Sementara itu, SNI ISO 29993:2017 Layanan Pembelajaran di Luar Pendidikan Formal - Persyaratan Layanan, memuat serangkaian panduan secara rinci terkait proses apa saja yang harus diikuti oleh organisasi yang memberikan layanan pendidikan nonformal agar dapat mencapai output sesuai target yang diharapkan.

Seminar nasional ini diikuti sekitar 200 peserta secara daring. Seminar ini diselenggarakan oleh PT Evodia Global Sertifikasi sebagai salah satu lembaga sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). (dnh-humas)