Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Gandeng ITB Kupas Peran Metrologi dalam Inovasi Teknologi untuk Pembangunan Berkelanjutan

  • Senin, 10 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 1039 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan seminar bertajuk Peran Metrologi dalam Inovasi Teknologi untuk Pembangunan Berkelanjutan. Seminar yang dihelat pada Kamis (06/06/2024) di Aula Timur ITB, masih merupakan rangkaian World Metrology Day (Hari Metrologi Sedunia) yang diperingati pada tanggal 20 Mei lalu.

Acara dibuka oleh sambutan Dekan FTI ITB, Brian Yuliarto dan Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Yustinus Kristianto Widiwardono. Adapun narasumber yang berpartisipasi dalam seminar ini yaitu Guru Besar Instrumentasi dan Kontrol FTI ITB Deddy Kurniadi, Metrolog Ahli Madya SNSU BSN Helmi Zaini, dan Head of Business Development Digital Transformation PT Yokogawa Indonesia, C. Cordova.

Dalam sambutan pembukanya, Brian merasa sangat bangga karena FTI ITB menjadi perguruan tinggi di Indonesia pertama yang berkesempatan menyelenggarakan seminar dalam rangka memperingati Hari Metrologi Sedunia. “Kami berharap, arti penting metrologi dan ilmu pengukuran ini semakin disadari oleh generasi muda saat ini, terutama di Institut Teknologi Bandung,” ujarnya.

Senada dengan Brian, Deputi Bidang SNSU BSN juga mengungkapkan terima kasih atas keterlibatan FTI ITB dalam perhelatan ini. Kris menyampaikan bahwa metrologi membutuhkan peran serta akademisi untuk turut mengembangkan ilmu pengukuran di Indonesia. Selain itu, metrologi dan ilmu standardisasi dan penilaian kesesuaian diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sehingga di dunia kerja sudah siap.

“Di dunia industri, rekan-rekan mahasiswa pasti akan berjumpa dengan standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi, sehingga sudah tentu bekal ini sangat berharga untuk dipelajari sejak bangku kuliah,” pungkasnya.

Tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Metrologi Sedunia karena pada 20 Mei 1875 diselenggarakan Konvensi Meter yang ditandatangani oleh 17 negara untuk mengintegrasikan sistem pengukuran yang ada di seluruh dunia. Tahun ini menandai pengakuan resmi oleh UNESCO terhadap tanggal 20 Mei setiap tahunnya sebagai salah satu hari perayaan internasional di UNESCO.

Hari metrologi dunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya metrologi atau ilmu pengukuran. Metrologi menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan yang didasarkan pada data dalam keberlanjutan. Dengan memastikan pengukuran yang akurat di berbagai aspek keberlanjutan, metrologi membantu organisasi, pemerintah, dan individu membuat pilihan yang terinformasi (informed choices), yang berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan. (dnh)

 

Galeri Foto : BSN Gandeng ITB Kupas Peran Metrologi dalam Inovasi Teknologi untuk Pembangunan Berkelanjutan