Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN dan ITB Selenggarakan Workshop World Metrology Day

  • Senin, 10 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 926 kali

Dalam rangka peringatan Hari Metrologi Sedunia 2024, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Workshop “World Metrology Day” di Kampus ITB Bandung pada Kamis (6/6/2024).

Hadir sebagai narasumber workshop yakni Metrolog Ahli Madya BSN, Lukluk Khairiyati dengan topik Panduan Kalibrasi Kalibrator Resistansi DC. Narasumber kedua yakni Penelaah Ketertelusuran Standar Pengukuran SNSN BSN, Arif Rahman Hakim, yang membawakan topik Panduan Kalibrasi Uniaxial Testing Machine.

Lukluk menyampaikan bahwa sejak tahun 2023 lalu, SNSU BSN telah menerbitkan Panduan Kalibrasi Kalibrator Resistansi DC. Panduan ini diterbitkan agar dapat menjadi panduan bagi pemangku kepentingan di bidang kalibrasi.

“Panduan ini disusun untuk mengharmoniskan pelaksanaan kalibrasi alat Kalibrator Resistansi DC yang dilakukan oleh laboratorium, baik yang menerapkan SNI ISO/IEC 17025 maupun yang tidak,” jelas Lukluk.

Menurut ruang lingkup panduan ini, kategori alat kalibrator resistansi DC yaitu instrumen elektronik bertipe sumber yang memiliki kemampuan membangkitkan nilai nominal resistansi DC, baik yang berupa nilai variabel-kontinu dalam suatu rentang maupun yang berupa nilai tetap. Rentang ukur generik dari Kalibrator resistansi DC adalah mulai dari rentang Resistansi ratusan mili-ohm sampai dengan satu Gigaohm

“Panduan ini memandu penerapan metode perbandingan langsung dan metode substitusi dalam mengkalibrasi alat kalibrator resistansi DC. Lalu Alat standar yang digunakan dalam panduan kalibrasi kalibrator resistansi DC ini adalah sebuah DMM (digital multimeter) acuan yang diaktifkan pada modus pengukuran resistansi DC dalam penggunaan metode perbandingan langsung, serta standar resistor acuan dan DMM sebagai standar transfer nilai resistansi dalam penggunaan metode substitusi,” tambah Lukluk.

Sementara itu Arif menjelaskan Panduan Kalibrasi Uniaxial Testing Machine digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kalibrasi Mesin uji Gaya arah Tarik/Tekan (Uniaxial Testing Machine).

“Kalibrasi Mesin Uji Gaya Tarik/Tekan ini bertujuan untuk mengetahui nilai penyimpangan atau koreksi nilai yang dihasilkan oleh mesin gaya terhadap nilai standar gaya (alat ukur gaya) dan menentukan ketidakpastiannya,” ujar Arif.

Alat ukur Gaya diharuskan memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam SNI ISO 376:2011 Bahan logam — Kalibrasi alat pengukur gaya yang digunakan untuk verifikasi mesin uji tarik/tekan (uniaxial testing machine) (ISO 376:2011, IDT). Persyaratan tersebut terkait ketertelusuran alat ukur gaya, spesifikasi alat ukur gaya dan kelas alat ukur gaya yang digunakan.

Sebagai informasi, pada waktu yang sama juga digelar Workshop dengan topik “Pengembangan Sistem Kalibrasi Ultrasonografi (USG)” yang menghadirkan narasumber Guru Besar Instrumentasi dan Kontrol Fakultas Teknologi Industri ITB, Prof. Dr. Suprijanto, ST., M.T. Dalam sesi ini, Suprijanto menyampaikan paparan mengenai Kalibrasi dan Optimisasi USG pada Aplikasi Medis.

Workshop ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan seperti akademisi, institusi pemerintahan, laboratorium kalibrasi, industri dan lain-lain. Workshop berjalan interaktif dan peserta sangat antusias mengikuti diskusi.

Workshop “World Metrology Day” dapat disaksikan kembali melalui Kanal Youtube BSN (https://www.youtube.com/watch?v=B2YarEJ9GlQ&t=17233s) (ria-humas).

Galeri Foto : SNSU BSN dan ITB Selenggarakan Workshop World Metrology Day