Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kawal VCO ber-SNI di Karangasem, Melalui Penguatan Sinergi berbagai Stakeholder

  • Kamis, 26 Oktober 2023
  • Humas BSN

Indonesia merupakan penghasil kelapa terbesar di dunia. Potensi produksi kelapa di Indonesia tiap tahunnya meningkat. Pada tahun 2022, BPS mencatat produksi kelapa per tahun mencapai 2.859,515 ton dengan produktivitas sebesar 1.140 kg/ha, dan Kementerian Pertanian menghitung rata-rata peningkatan produksi kelapa selama lima tahun ke depan (2022-2026) diperkirakan sebesar 0,14% per tahun. Menurut satu data pertanian, kelapa Indonesia diekspor ke sejumlah negara seperti Malaysia, Cina, Amerika dan lain-lain.

Untuk mengembangkan potensi produk VCO tersebut, Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersinergi dengan Ikatan Pimpinan Tinggi Madya Perempuan Indonesia (PIMTI), dan stakeholder lainnya dari pihak BUMN mewujudkan rumah produksi VCO di Kabupaten Karangasem yang akan dikelola oleh Koperasi Rahayuning Huluning Bali.

Dalam rangka memberikan pendampingan dan pembinaan penerapan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) produk VCO, Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Karangasem pada Senin (23/10/2023). Kunjungan diterima oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Karangasem, Sudarsana di Kantor Bupati Karangasem. Turut hadir dari BSN, Ketua Tim Kerja Fasilitasi Pelaku Usaha BSN, Muti Sophira Hilman dan Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Ari Nugraheni.

Dalam kesempatan ini, Zakiyah dan Tim BSN juga mengunjungi langsung lokasi kantor Koperasi Rahayuning Huluning Bali.

Zakiyah menyerahkan draft dokumen sistem mutu sebagai hasil tindaklanjut gap analisis yang dilakukan Tim BSN pada bulan Juli lalu.

­