Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Harmonisasi Standar Halal Global, untuk Industri Halal yang Kuat dan Berkelanjutan

  • Jumat, 27 Oktober 2023
  • Humas BSN

Deputi Bidang Pegembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN), Hendro Kusumo, menjelaskan bahwa global halal market merupakan sebuah peluang besar untuk Indonesia, karena dapat membuka pintu bagi perluasan akses pasar dan pertumbuhan industri halal di Indonesia.

“Global halal market, itu merupakan peluang besar untuk kita. Jika kita bicara mengenai bagaimana sistem standardisasi global dapat mendukung hal tersebut, maka di forum WTO telah disepakati aspek kunci yang akan dipilih, yaitu pendekatan STRACAP atau Standards, Technical Regulations and Conformity Assessment Procedures.” jelas Hendro dalam paparannya pada kegiatan the 5th International Halal Dialogue (IHD) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Jakarta Convention Center, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan IHD yang mengangkat tema "Establishing New Market Opportunity from ASEAN to Global Halal through Cooperation and Harmonization of Halal Standard”.

Saat ini BSN mewakili Indonesia menjadi anggota Standards and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC) terhitung mulai tahun 2020.

Harmonisasi standar halal dapat dijadikan juga sebagai landasan bagi pengembangan industri halal yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Sekjen SMIIC, Ihsan Ovut mendukung upaya yang telah dilakukan oleh BSN Indonesia dalam mewujudkan ekosistem halal global melalui pendekatan SPK.