Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sinergitas Strategis BSN – BPSIP Sumsel Tingkatkan Mutu Instrumen Pertanian dengan SNI

  • Kamis, 02 November 2023
  • Humas BSN

Sinergitas program Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di bidang instrumen pertanian yang telah terjalin antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan Balai Penerapan Standardisasi Instrumen Pertanian (BPSIP) Sumatera Selatan memberikan dampak positif, salah satu diantaranya adalah pembinaan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pelaku usaha pertanian kopi dan cokelat.

Dalam rangka memperkuat program SPK tersebut, Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Triningsih Herlinawati berkunjung untuk melaksanakan kegiatan bersama BPSIP Sumatera Selatan, pada Senin – Selasa (30-31 Oktober 2023) di Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam kunjungannya, Triningsih melaksanakan kegiatan yang terdiri dari sharing session terkait standardisasi bidang pertanian, kunjungan dan tinjauan persiapan akreditasi Laboratorium BPSIP Sumatera Selatan, siaran live talkshow di TVRI Sumatera Selatan yang mengangkat topik mengenai SPK di bidang instrumen pertanian serta Program SNI Bina UMK, audiensi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Supriono, hingga memenuhi undangan sebagai narasumber dalam kegiatan sinkronisasi standardisasi pertanian Sumatera Selatan yang diselenggarakan oleh BPSIP Sumatera Selatan.

Penting adanya kolaborasi lintas lembaga pemerintah di dalam pengembangan serta penerapan SPK bagi pelaku usaha agar dapat terwujudnya infrastruktur mutu.

Selama tahun 2023, BPSIP Sumatera Selatan telah dibimbing oleh KLT BSN Sumatera Selatan di dalam pelaksanaan program kerja SPK instrumen pertanian.

Peranan strategis yang ditunjukkan oleh KLT BSN Sumatera Selatan, sudah memberikan banyak dampak positif di bidang SPK bagi Stakeholder di wilayah Sumatera Selatan.

­