Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Potensi UMK Kalimantan Timur dengan SNI Bina UMK

  • Selasa, 14 November 2023
  • Humas BSN

Usaha Mikro Kecil (UMK) memiliki potensi yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Begitu juga dengan Wilayah Kalimantan Timur yang juga memiliki banyak bidang UMK yang potensial. Terlebih Kalimantan Timur juga merupakan lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN), tentu turut mendorong kebutuhan produk-produk yang berkualitas.

Namun, berbagai tantangan seringkali ditemui para pelaku UMK dalam mengembangkan usahanya. Tantangan tersebut diantara adalah masalah modal, legalitas, pemasaran, kompetensi SDM, kualitas produk dan lain sebagainya.

Dalam seminar yang merupakan hasil kerjasama antara BSN dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur tersebut, Zul mengatakan bahwa pemerintah sangat concern dengan UMK.

Zul menjelaskan, pada saat UMK mendaftarkan produknya melalui Online Single Submission (OSS) untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), UMK juga bisa mendapatkan SNI Bina UMK jika produknya masuk ke dalam usaha resiko rendah.

Senada dengan Zul, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur, Heni Purwaningsih mengatakan, dengan penerapan standar produk UMK diharapkan ada peningkatan kualitas dan daya saing.

Pemerintah Kalimantan Timur menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti kementerian/lembaga terkait, Pemerintah daerah lain, lembaga keuangan dan perbankan, hingga asosiasi bisnis untuk mendukung pembinaan UMK.

­