Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Terima Peer Review untuk Ruang Lingkup Pengukuran dan Kalibrasi Termometer Kontak dari sesama NMI

  • Rabu, 15 November 2023
  • Humas BSN

Dalam rangka meningkatkan pengakuan hasil pengukuran dan kalibrasi yang dilakukan oleh Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), baik di tingkat regional (Asia Pasifik) dan internaisonal, Deputi Bidang SNSU Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima peer review untuk ruang lingkup termometer kontak di Laboratorium SNSU Suhu BSN, Tangerang Selatan pada 13 – 15 November 2023.

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono dalam pembukaan peer review pada Senin (13/11/2023), di Laboratorium SNSU BSN, Serpong, menyampaikan bahwa Laboratorium SNSU BSN merupakan Lembaga Metrologi Nasional (National Metrology Institute/NMI) untuk Indonesia. SNSU BSN memiliki sembilan laboratorium SNSU yaitu panjang; massa; akustik dan vibrasi; biologi; suhu; fotometri dan radiometri; kelistrikan; waktu dan frekuensi; serta kimia.

“Untuk ruang lingkup suhu, Laboratorium SNSU Suhu BSN memiliki 41 CMC dalam CIPM-MRA,” kata Kristianto.

Asesor, Yang Inseok dari Korea Research Institute of Standards and Science (KRISS).

Hingga saat ini, Laboratorium SNSU BSN memiliki total 147 kemampuan kalibrasi dan pengukuran (CMCs) yang diakui internasional dan tercantum dalam Appendix C The CIPM Mutual Recognition Arrangement (CIPM-MRA).

Harapannya, hasil dan temuan peer review memiliki manfaat besar bagi peningkatan kualitas dan perbaikan berkelanjutan bagi Laboratorium SNSU Suhu.

Deputi Bidang SNSU BSN menerima peer review untuk ruang lingkup termometer kontak di Laboratorium SNSU Suhu BSN, Tangerang Selatan pada 13 – 15 November 2023.