Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

673 Orang Ikuti Tes Masuk CPNS BSN TA 2014

  • Rabu, 01 Oktober 2014
  • 1877 kali


Dari pelamar online sejumlah 1729 orang, sebanyak 673 orang lulusan universitas di berbagai daerah di Indonesia mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Standardisasi Nasional (BSN) TA 2014 pada tepat pukul 08.00 WIB di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta pada Rabu (01/10/14). BSN bekerjasama dengan BKN menyelenggarakan tes penerimaan CPNS BSN TA 2014 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

 



Seperti diketahui, mulai tahun 2013, BSN bekerjasama dengan BKN menyelenggarakan tes penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem CAT. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung pelaksanaan manajemen ASN  dan mewujudkan Pegawai ASN yang profesional, jujur dan adil dan berbasis pada pelayanan publik yang profesional.

CAT merupakan metode seleksi menggunakan software dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Tujuan dari sistem CAT adalah mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian; menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional; menetapkan standar nilai; serta meningkatkan transparansi,  obyektivitas,  akuntabilitas dan efisiensi.

 



Dengan sistem CAT, tes dilakukan secara transparan dan profesional. Bahkan di luar ruangan tes, pelamar atau peserta lain dapat melihat langsung nilai/ total skor yang diraih dalam menjawab soal tes. 

 



Menurut BKN, para pelamar harus mengerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang terdiri dari 3 sub tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kali ini, tes penerimaan CPNS terbagi dalam 5 sesi yang masing-masing sesi berjumlah 138 pelamar dengan durasi waktu mengerjakan soal 90 menit.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas-BSN Budi Rahardjo melakukan peninjauan pelaksanaan tes pegawai sistem CAT. Budi berharap pelaksanaan dapat berjalan lancar dan BSN telah menyiapkan program pengembangan SDM di internal sehingga seluruh CPNS, kelak siap mendukung tupoksi BSN. (dnw/nda/dok foto: rmy) 




­