Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium Kimia SNSU BSN Dukung Perhelatan Lab Indonesia 2024

  • Rabu, 24 April 2024
  • Humas BSN
  • 212 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) turut mengambil bagian dalam rangkaian Pameran Lab Indonesia 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat pada hari Rabu (24/4/2024). Metrolog Muda BSN pada Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik Kimia (SNSU TK), Harry Budiman menyampaikan paparannya dalam seminar teknis berjudul Analisis Impurities Gas dalam Gas Murni pada Pengembangan Standar Campuran Gas (CRM) di SNSU BSN.

Dalam seminar yang didukung oleh PT Ditek Jaya tersebut, Harry menyampaikan peran BSN melalui SNSU BSN untuk menyediakan layanan kalibrasi, salah satunya melalui laboratorium kimia. Pengukuran kimia diperlukan untuk perlindungan konsumen, keselamatan lingkungan, penindakan hukum, perdagangan internasional, dan kesehatan masyarakat. Hasil pengukuran yang tidak akurat dan valid mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan sehingga membahayakan kesehatan masyarakat, kerusakan lingkungan, dan kerugian dalam perdagangan global.

“Bahan acuan tersertifikasi atau certified reference material (CRM) dalam pengukuran kimia berperan sangat penting untuk menjamin kualitas pengukuran dan ketertelusuran pengukuran ke standar (Sistem Satuan Internasional) SI,” ujar Harry.

Selanjutnya Harry juga menyampaikan pentingnya analisis gas dalam metrologi dan berbagai tingkatan standar gas. Infrastruktur laboratorium kimia di SNSU BSN telah memiliki berbagai peralatan sebagai sarana pembuatan bahan acuan campuran gas yang tersertifikasi. SNSU BSN telah memiliki kompetensi melakukan sejumlah aktivitas pembuatan standar campuran gas (CO2, CO, O2), penyelenggaraan uji profisiensi CO dalam N2, pemeliharaan standar primer campuran gas CO2, serta aktif di forum metrologi internasional.

Laboratorium kimia di SNSU BSN juga telah memperoleh akreditasi SNI ISO/IEC 17025 sebagai laboratorium kalibrasi dan akreditasi SNI ISO 17034 sebagai produsen bahan acuan. Kompetensi tersebut sedang dalam tahap submission untuk mendapatkan pengakuan internasional calibration and measurement capability (CMC) di BIPM. (dnh)




­