Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Jepang Dukung Standar Teknologi Pendinginan Baja

  • Rabu, 24 Februari 2010
  • 1241 kali

Kliping Berita

JAKARTA – Jepang mengajak Indonesia bekerja sama menerapkan standar internasional teknologi pendinginan baja.

Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Bambang Setiadi mengatakan, kerja sama itu dirintis menyusul rencana Jepang menerapkan standar internasional untuk teknologi pendinginan baja.

Menurut dia, Indonesia belum mengembangkan teknologi tersebut. “Jepang mengusulkan standar nasional untuk teknologi pendinginan baja. Standar itu menentukan struktur dan mutu baja, semakin cepat dingin, struktur dan mutu baja semakin kuat,” kata Bambang usai membuka acara Sosialisasi Gerakan Penggunaaan Helm Ber-SNI di Jakarta, Selasa (23/2).

Bambang menjelaskan, untuk menerapkan standar internasional, suatu negara harus didukung oleh lima negara anggota Organisasi Standar Internasional (International for Standardization/ISO). Menurut dia, selain mengajak Indonesia, Jepang meminta dukungan dari Tiongkok, Amerika Serikat, Korea, dan Jerman.

“Pekan lalu saya berkunjung ke sana dan melihat demonstrasi teknologi itu. Saya mengajukan syarat, kami membawa teknologi itu ke Indonesia untuk diuji di sini. Jepang bersedia. Jika hasilnya sam dengan negara lain, standar itu siap didukung untuk menjadi standar internasional,” tutur Bambang.

Namun, Bambang menambahkan, untuk kerja sama lebih teknis, belum ada pembahasan komitmen bantuan Jepang. (eme)

Sumber: Investor Daily, Rabu 24 Februari 2010, hal. 23.




­