Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Lakukan Best Practice CSR, Penyelenggaraan ICA & ISDA Berbasis SNI ISO 26000

  • Selasa, 30 April 2024
  • Humas BSN
  • 1035 kali

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu tema manajemen yang paling banyak menarik perhatian dunia usaha, organisasi pemerintah juga nonpemerintah. CSR menjadi sebuah refleksi munculnya moralitas baru dalam pengelolaan organisasi yang tidak hanya fokus pada kepentingan dirinya, namun menempatkannya menjadi bagian penting dalam memberikan solusi pada isu sosial, lingkungan serta masyarakat.  

Keputusan untuk melaksanakan program CSR merupakan langkah strategis dan sangat rasional yang diambil oleh organisasi, karena memberi benefit balik pada kinerja organisasi, diperolehnya kepercayaan publik, mengurangi risiko bisnis, termasuk memiliki relevansi sosial yang besar dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, ungkap Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zakiyah saat menyampaikan sambutan dalam peluncuran perhelatan tahunan Indonesian CSR Awards (ICA) & Indonesian SDGs Awards (ISDA) 2024, pada Senin (29/4/2024) di Jakarta.

Guna memberikan kontribusi yang konkrit secara berkelanjutan, sambungnya, organisasi perlu beroperasi secara transparan dan dilandasi dengan etika bisnis yang baik.   

“SNI ISO 26000 dengan judul Panduan Tanggung Jawab Sosial, memberikan panduan mengenai implementasi CSR organisasi yang memenuhi etika bisnis serta transparansi, yang memperhatikan harapan pemangku kepentingan, hukum dan norma perilaku organisasi, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan,” pungkas Zakiyah.

Corporate Forum for CSR Development (CFCD) selaku Penyelenggara acara, memberikan apresiasi kepada korporasi dan organisasi yang memiliki kinerja terbaik dalam kegiatan dan program CSR yang berkontribusi pada SDGs, dimana di dalam penilaiannya mengintegrasikan isu pokok yang terdapat dalam SNI ISO 26000:2013 dan tujuan SDGs di Indonesia.

Core berbagai program kegiatan di dalam penyelenggaraan ICA & ISDA sudah berbasiskan SNI termasuk standar yang diadopsi secara internasional sebagai panduan best practice kegiatan CSR di Indonesia,” sebut Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno dalam kesempatan yang sama.

ICA dan ISDA, sambungnya, merupakan bagian dari upaya untuk memberi penghargaan kepada perusahaan yang telah berkontribusi terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan CSR, yang mencakup 7 isu pokok sesuai SNI ISO 26000 yaitu pengembangan masyarakat, konsumen, praktik kegiatan institusi yang sehat, lingkungan, ketenagakerjaan, Hak Asasi Manusia, serta tata kelola organisasi. (PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Lakukan Best Practice CSR, Penyelenggaraan ICA & ISDA Berbasis SNI ISO 26000




­