Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pengusaha Siap Terapkan SNI

  • Selasa, 30 Maret 2010
  • 1520 kali

Kliping Berita

PENERAPAN STANDAR NASIONAL INDONESIA 
 
JAKARTA. Pemerintah berencana menotifikasi beberapa kebijakan Standar Nasional Indonesia (SNI) di beberapa produk ke organisasi perdagangan dunia (WTO). Pelaku usaha nasional pun memastikan dukungan dan siap menerapkan pemberlakuan SNI wajib tersebut.

Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia (IISIA) Edward Pinem mengatakan pelaku industri baja bahkan menganggap penerapan SNI wajib ini perlu untuk mempertahankan industri dari serbuan produk China. "Industri sudah siap dengan pemberlakuan SNI wajib, ujar Eddward, Senin (29/3).

Dia menambahkan, sebelumnya SNI untuk produk baja ini berlaku sukarela, sehingga belum semua industri menerapkannya. Penerapan SNI wajib ini juga ditujukan agar industri baja bisa tetap bertahan di tengah persaingan pasar.

Ketua Gabungan Elektronik (Gabel) Ali Soebroto Oentayo menambahkan, meski penerapan SNI wajib ini dinilai lambat, tapi ia mengatakan hal ini merupakan respon positif dari pemerintah. Ia bilang, dari industri elektronik juga sudah siap dengan penerapan SNI wajib ini. Industri akan menyesuaikan dengan peraturan, ujarnya.

Ali mengungkapkan, saat ini yang menjadi hambatan dalam penerapan SNI adalah masalah laboratorium ujinya. Saat ini pemerintah sedang melengkapi kekurangan laboratorium uji, katanya.


Herlina KD

Sumber : Kontan Online, Senin 29 Maret 2010.
Link : http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/33005/Pengusaha-Siap-Terapkan-SNI-




­