Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Tingkatkan Potensi Ekspor Produk Unggulan UMKM Sumatera Selatan

  • Selasa, 22 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 1071 kali

Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Sumatera Selatan menggelar Bimbingan Teknis Manajemen Ekspor Bagi Pelaku Usaha Mikro bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang serta anggota DPRD Kota Palembang, pada Senin (14/8/2023).

Kegiatan yang diselengarakan sebagai bentuk kolaborasi lembaga pemerintah di Kota Palembang, Sumatera Selatan ini, bertujuan untuk semakin mendekatkan Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada masyarakat, untuk Indonesia yang lebih baik terutama dalam mendukung peningkatan kualitas atau mutu produk-produk UMKM.

Dalam kesempatan tersebut, KLT BSN Sumatera Selatan hadir untuk menyampaikan materi dengan tema Peranan Standardisasi terhadap Peningkatan Ekspor bagi Pelaku UMKM, sekaligus memberikan pendidikan juga pelatihan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) serta memaparkan lebih detail mengenai program SNI Bina UMK yang memberikan kemudahan berusaha bagi para UMKM kategori risiko rendah dengan komitmen kuat untuk menerapkan SNI setelah memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Palembang yang dikenal memiliki beragam produk unggulan daerah mulai dari Kain Songket khas Palembang, Pempek serta olahan ikan, hingga komoditas kopi Sumatera Selatan yang merupakan produsen kopi terbesar di Indonesia, besar harapannya melalui kolaborasi dimaksud dapat semakin meningkatkan daya saing dan penetrasi pasar, baik domestik maupun global dengan produk yang bermutu tinggi melalui asistensi ekspor dari KLT BSN Sumatera Selatan.

Turut hadir dalam acara, Anggota DPRD Kota Palembang, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, juga Praktisi Entrepreneur, Coach Saefullah yang menyampaikan materi mengenai pengelolaan dan peningkatan usaha yang berkelanjutan dalam mendukung UMKM menuju ekspor. (Angga KLT BSN Sumatera Selatan/Red: PjA – Humas)

 




­