Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UMSU Gandeng BSN/KAN Kembangkan Kurikulum Magister Ilmu Biomedis

  • Rabu, 06 September 2023
  • Humas BSN
  • 323 kali

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) saat ini tengah mengembangkan program studi  Magister Ilmu Biomedis pada Fakultas Kedokteran (FK). UMSU mengundang Plt. Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi nasional (BSN), Donny Purnomo untuk membantu dalam penyusunan kurikulum untuk modul auditorium laboratorium penguji, kalibrasi dan medik untuk Magister Ilmu Biomedis FK UMSU pada Selasa (5/9/2023) secara daring.

Donny yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa institusi dapat memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk menjadi auditor untuk laboratorium penguji, kalibrasi dan medik dengan menyelenggarakan sertifikasi dan menjadi Lembaga Sertifikasi Person (LSP).

Menurut Donny, agar institusi bisa memberikan sertifikat kepada lulusannya ataupun personel yang lain, maka lembaga tersebut dapat mengacu pada SNI ISO/IEC 17024, Kebijakan dan Persyaratan KAN (KAN U dan KAN K) dan juga skema sertifikasi person untuk kemudian diakreditasi oleh KAN.

“Seseorang yang memiliki kompetensi tambahan sebagai lulusan akan sangat bermanfaat apabila orang tersebut memegang sertifikat/skema. Skema sebagai internal auditor laboratorim kalibrasi, laboratorium penguji, atau laboratorium medik ” tutur Donny. 

Adapun tahapan persiapan proses akreditasi meliputi membangnun komitmen top manajemen, memahami persyaratan SNI ISO/IEC 17024, memahami persyaratan akreditasi KAN, menentujan ruang lingkup jasa. Kemudian menyiapkan berkas-berkas pendukung permohonan, menetapkan proses-proses kegiatan sertifikasi, mengimplementasikan minimal 1 sertifikat, dan merencanakan calon klien.

Donny menambahkan, untuk pengembangan kurikulum sebagai bahan ajar dapat mengambil poin-poin yang diperlukan dari standar dan pedoman berdasarkan standar kompetensi yang ingin dicapai oleh lulusan S2 Biomedik FK UMSU ini, salah satunya yaitu sebagai auditor untuk laboratorium kalibrasi, laboratorium penguji, dan laboratorium medik.

Tim dari UMSU yang dipimpin oleh Kepala Bagian Biokimia FK UMSU, Isra Thristy berharap kerja sama antara FK UMSU dengan BSN dapat terjalin dengan baik dan dapat membantu UMSU dalam mengembangkan kurikulum di Program Magister Ilmu Biomedis. (tyo – humas)