Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pelayanan Dibenahi, ISO Diraih

  • Kamis, 08 April 2010
  • 1477 kali

Kliping Berita

SELASA (6/4) siang, Samsat Jakarta Barat menerima Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) ISO 9001:2008.

Sertifikat yang merupakan pengakuan terhadap standar peiayanan publik internasional ini diserahkan lead auditor dari PT BRS Indonesia, perusahaan yang ditunjuk sebagai auditor sertifikasi ISO, dan diterima Kasubsi Samsat wilayah Jakbar Ajun Komisaris M Arsal Sahban.

Sertifikat ISO ini yang kedua kali-nya diperoleh Samsat Jakbar. Sebelumnya, pada 2007, Samsat Jakbar memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 yang berlaku selama tiga tahun.

Arsal mengungkapkan, sertifikat ini adalah hasil dari beberapa proses audit yang dilaksanakan di semua unit peiayanan Samsat yang meliputi aspek kepastian janji layanan ketepatan waktu peiayanan, penyebaran angket kuesioner indeks kepuasan masyarakat (IKM) serta tersedianya sarana dan prasarana fasilitas unit pelayanan Samsat Jakarta Barat.

Untuk angket IKM, ianjut Arsal, pihaknya sejak awal Februari lalu telah menyebarkan kuesioner kepada setiap wajib pajak yang mengurus dokumen kendaraan. Pada setiap lembarnya, terdapat pertanyaan yang berkisar peiayanan, seperti sikap petugas, kecakapan petugas, ketepatan waktu pelayanan serta kenyamanan fasilitas sarana dan prasarana.

"Hasilnya, para wajib pajak puas dan mengategorikan Samsat Jakbar dalam kategori A, atau pelayanannya sangat baik," kata Arsal.

Arsal mengatakan, diraihnya ISO 9001:2008 memotivasi jajarannya untuk mempertahankan kinerja dan mencari inovasi baru peiayanan dengan menjalin kemitraan semua pihak. "Ini juga bagian dari upaya mengikuti kompetisi Citra Peiayanan Prima 2010 Piala Presiden Kategori Peiayanan Publik terbaik yang diselenggarakan Kemenpan RI."

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Condro Kirono mengatakan seluruh peiayanan publik di lingkungan Direktorat Lalu Lintas Poida Metro Jaya akan menerapkan standardisasi ISO 9001: 2008 dengan tujuan memberikan peiayanan terbaik kepada masyarakat. (Ars/J-1)

Sumber : Media Indonesia, Kamis 8 April 2010, hal. 5.




­