Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

"Power Rangers Juga Pakai Helm SNI"

  • Jumat, 09 April 2010
  • 1408 kali

Kliping Berita

SMA Ta’miriyah Surabaya mengadakan aksi grafiti, dukung penggunaan helm SNI.
 
SURABAYA POST - Untuk mendukung sosialisasi penggunaan helm ber-SNI (Standar Nasional Indonesia), SMA Ta’miriyah mengadakan aksi grafiti, Jumat (9/4) pagi.

Aksi yang digelar di sisi kanan Jalan Raya Indrapura ini menggunakan media papan sepanjang 10 x 1,2 meter dan dikerjakan 15 siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler grafiti sekolah setempat.

Di bagian atas papan tersebut, kalimat “Kemanapun Perginya, Helm SNI Selalu Melindungi” terpampang dengan mencolok. Di bagian bawahnya, ditampilkan masyarakat yang sudah patuh dengan kewajiban tersebut. Tidak hanya pengendara  motor, tukang becak sampai tokoh animasi dari Jepang, Power Rangers pun ditampilkan mengenakan helm ber-SNI.

”Power Rangers kan tokoh pahlawan yang selalu melindungi masyarakat. Begitu juga helm SNI yang melindungi pengendara motor dari kecelakaan. Selain itu, kalau power ranger saja pakai helm SNI, kenapa masyarakat tidak,” kata Fuad Akbar, salah satu siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler grafiti SMA Ta’miriyah sambil terus menggoreskan kuasnya.

Menurut siswa kelas XI IPA ini, dia dan teman-temannya memang sudah mendengar tentang diwajibkannya semua pengendara motor untuk memakai helm SNI. Karena itu, dia dan teman-temannya membuat ide sosialisasi melalui grafiti ini agar masyarakat segera mengetahuinya. 

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA Ta’miriyah, Sucipto menyatakan, selain membantu Satlantas bersosialisasi, kegiatan ini digelar agar siswa yang mengendarai  motor di sekolahnya juga mulai memakai helm ber-SNI. ”Di sekolah kami banyak siswa membawa  motor, karena itu mereka harus diberi pemahaman agar mengenakan helm ber-SNI,” ujarnya.

Grafiti karya siswa ini selanjutnya akan dipasang di pagar sekolah. Diharapkan karya siswa ini mampu mengingatkan semua siswa dan semua pengendara motor yang melintas di sana akan pentingnya memakai helm ber-SNI.

Kasatlantas Polres Surabaya Utara, AKP Ronny Edi Yusuf yang hadir dalam acara ini mengaku terbantu dengan kegiatan yang dilakukan para siswa.

“Saat ini pihak kepolisian memang masih dalam tahap sosialisasi dan belum pada taraf penindakan bagi mereka yang helmnya belum memenuhi standar,” katanya.

Beberapa waktu lalu, pihak kepolisian memang telah menyosialisasikan UU No.2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.  Dalam UU tersebut mensyaratkan semua pengendara motor dan penumpangnya untuk memakai helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal 1 April 2010.

Anggraheni Prajayanti

Sumber : VIVAnews, Jumat 9 April 2010.
Link: http://jatim.vivanews.com/news/read/142724-_power_rangers_juga_pakai_helm_sni_




­