Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Polisi Depok Razia Helm Non-SNI

  • Jumat, 09 April 2010
  • 1651 kali

Kliping Berita

    
DEPOK--Kepolisian Resort (Polres) Depok merazia para pengguna helm cetok atau non Standar Nasional Indonesia (SNI) di Jalan Margonda Raya, tepatnya di depan RS Mitra Keluarga, Jumat siang (9/4). Selain merazia sejumlah warga, dalam kesempatan tersebut, pihak kepolisian pun sempat membagi-bagikan helm berstandar SNI.

Menurut Kapolres Depok, Kombes Polisi Saidal,pihaknya melakukan aksi tersebut dalam rangka menerapkan peraturan terkait kewajiban memakai helm berlogo SNI bagi para pengguna motor yang mulai diberlakukan di seluruh Indonesia, 1 April lalu. “ Selain itu, aksi ini merupakan aksi simpatik yang diadakan pada pengguna jalan,” katanya.

Dalam razia tersebut, terjaring beberapa pengguna motor yang menggunakan helm yang memakai helm non SNI. Meski belum dibebani dengan sanksi tertentu, namun pengguna helm cetok tersebut sempat mendapat penyuluhan tentang pentingnya helm yang aman untuk keselamatan diri mereka.

Menurut Adityo (24), salah seorang warga yang terjaring razia, ia sama sekali tak mengetahui kalau ada kewajiban untuk memakai helm SNI. “ Saya aja baru tahu,” kata lelaki yang tinggal di Bojong Gede tersebut.

Namun, menurutnya kegiatan kepolisian yang membagi-bagikan helm SNI kepada para warga yang terjaring razia lumayan membuatnya senang. “ Lumayanlah, dirazia terus dapet helm baru gratis. Kan jarang-jarang,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Yuyun Wirasaputra yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan perlu ada sosialisasi lebih lanjut yang dilakukan terkait penggunaan helm SNI ini. Terutama bagi para anak sekolah yang merupakan kelompok yang paling banyak melanggar peraturan lalu lintas.

“Kita harus lebih mensosialisasikan ini kepada mereka agar sejal dini tercipta rasa disiplin ketika mengendarai kendaraan di jalan raya,” ujarnya.

Kegiatan razia dan juga pembagian helm tersebut dilakukan sekitar satu jam. Kegiatan ini sempat membuat arus lalu lintas yang ada di depan lokasi razia tersendat.

Sumber : Republika Online, Jumat 9 April 2010.
Link : http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/metropolitan/10/04/09/110363-polisi-depok-razia-helm-nonsni




­