Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Council Oktober 2023

  • Kamis, 19 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 856 kali

 Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Rapat KAN Council pada Rabu (18/10/2023) di Kantor BSN, Mampang, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua KAN, Kukuh S. Achmad, serta diikuti oleh anggota KAN Council yang merupakan perwakilan dari pemerintah, industri, asosiasi, profesional, dan akademisi.

Pada pembukaan rapat, Kukuh menyampaikan bahwa BSN telah merayakan Hari Standar Dunia (World Standards Day) pada Selasa, 17 Oktober 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Acara ini sekaligus menjadi ajang penganugerahan Herudi Technical Committee Award (HTCA), yaitu penghargaan prestisius yang diberikan kepada Komite Teknis Perumusan SNI yang memiliki komitmen kinerja terbaik sebagai role model.

“Momen ini sangat penting, karena dalam standardisasi dan penilaian kesesuaian, SNI merupakan hulunya,” ungkap Kukuh. World Standards Day sendiri diperingati pada tanggal 14 Oktober setiap tahunnya di seluruh dunia.

Kemudian, Kukuh juga menyampaikan masukan dari pengurus Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI) yang mengoperasikan Lembaga Verifikasi/Validasi yang terakreditasi KAN untuk Skema Gas Rumah Kaca (GRK) Nilai Ekonomi Karbon (NEK) terkait perlunya peningkatan kelengkapan perangkat dalam eksekusinya. Dalam pertemuan juga disampaikan bahwa BSN telah melakukan kunjungan ke Gunung Gede Pangrango untuk melihat langsung implementasi SNI pengelolaan pendakian gunung. Kukuh juga menyampaikan bahwa BSN akan menghadiri Islamic Forum for Halal Accreditation Bodies (IFHAB) di Arab Saudi sebagai observer.

Rapat kali ini membahas pengambilan keputusan untuk 30 berkas pengajuan akreditasi atas Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang diproses melalui sistem di KAN, baik itu Lembaga Sertifikasi, Lembaga Inspeksi, Laboratorium, Lembaga Validasi dan Verifikasi, serta beberapa agenda lain-lain. (Put)

Galeri Foto: Rapat KAN Council Oktober 2023




­