Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Selenggarakan FKP Updating Informasi Terbaru Layanan Publik SNSU

  • Selasa, 24 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 849 kali

Dalam rangka menjaring tanggapan dan masukan terhadap revisi Peraturan Kepala (Perka) Badan Standardisasi Nasional (BSN) No. 4 Tahun 2022 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan BSN, terutama terkait Lampiran V yaitu Layanan Kalibrasi dan Pengukuran, Kedeputian Bidang SNSU BSN menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan topik “Updating Informasi Terbaru Layanan Publik SNSU” secara daring pada Senin (23/10/2023).

FKP dibuka oleh Deputi Bidang SNSU BSN Y. Kristianto Widiwardono. Dalam sambutannya, Kristianto menyampaikan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (UU SPK) telah mengatur mengenai aspek pengukuran. Pengukuran dalam kegiatan SPK, harus tertelusur ke standar satuan internasional baik melalui kegiatan pengelolaan standar nasional satuan ukuran; pengembangan bahan acuan; serta kalibrasi.

“Berdasarkan aturan atau amanah dalam undang-undang tersebut, maka Laboratorium SNSU di lingkungan BSN ini sudah melakukan berbagai kegiatan layanan publik,” kata Kristianto. Layanan publik yang disediakan oleh Laboratorium SNSU meliputi layanan kalibrasi; penyediaan nilai acuan dalam uji banding laboratorium kalibrasi; serta yang terbaru yaitu penyelenggaraan uji profisiensi. Ke depan, Laboratorium SNSU juga akan membuka layanan pembelian bahan acuan (BA) atau Certified Reference Material (CRM).

Selama ini, layanan di lingkup SNSU tersebut dijalankan berdasarkan Perka BSN No. 4 Tahun 2022. Namun dengan adanya hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat BSN terkait tahapan pembayaran biaya kalibrasi, serta Perka tersebut belum mencakup layanan uji profisiensi dan pembelian bahan acuan, maka peraturan tersebut perlu direvisi.

“Kami memerlukan umpan balik dari para pelanggan. Oleh karena itu, kami mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan dalam diskusi sehingga kami bisa mendapatkan masukan, sehingga kebijakan maupun panduan yang nanti akan kami gunakan di dalam penyelenggaraan layanan SNSU di BSN bisa optimal,” ujar Kristianto.

Kristianto juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan layanan SNSU yang sudah berpartisipasi pada kegiatan survei tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB dalam penerapan wilayah bebas korupsi (WBK). “Sehingga SNSU BSN mendapatkan predikat WBK dari Kementerian PAN-RB,” ungkap Kristianto.

Dalam FKP kali ini, turut hadir sebagai narasumber antara lain Direktur SNSU Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN Wahyu Purbowasito yang menyampaikan materi Usulan Revisi Perka BSN No. 4 Tahun 2022; Koordinator Perubahan Reformasi Birokrasi Penataan Perundangan BSN Nurul Alfiyati yang menyampaikan materi rencana perubahan tarif layanan SNSU BSN; serta Koordinator Area Perubahan Birokrasi Penguatan Akuntabilitas BSN Okasatria Novyanto yang menyampaikan materi umpan balik terhadap panduan kalibrasi (PK).

FKP diikuti oleh pemangku kepentingan bidang SNSU yaitu pelanggan layanan SNSU BSN; perwakilan laboratorium kalibrasi dan laboratorium penguji; penyelenggaran uji profisiensi; akademisi, pemerintah serta media massa.

Informasi terkait kegiatan dan layanan Deputi Bidang SNSU BSN selalu dimutakhirkan melalui media sosial Instagram @snsubsn. Pertanyaan atau keluhan/pengaduan terkait layanan kalibrasi dan UP, dapat dikirimkan melalui WA (0857-8085-7833) atau melalui email (sparta@bsn.go.id).

FKP ini dapat disaksikan kembali melalui Kanal Youtube BSN – SNI : Updating Informasi Terbaru Layanan Publik SNSU BSN (ria-humas)

 




­