Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Refreshment Asesor Untuk Mempertahankan Saling Pengakuan di Level Internasional

  • Jumat, 08 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 812 kali

Asesor merupakan ujung tombak dari kesuksesan akreditasi. Oleh karena itu, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Kedeputian Bidang Akreditasi terus berupaya meningkatkan kapasitas asesor salah satunya dengan menyelenggarakan Refreshment Asesor  Lembaga Sertifikasi Person pada Jumat (08/03/2024) secara daring (online).

Refreshment Asesor dibuka oleh Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari. Dalam kesempatan tersebut, Fajarina menyampaikan perkembangan proses akreditasi LSP (Lembaga Sertifikasi Person).

Harapannya dengan kegiatan ini para asesor dapat meningkatkan pengetahuan dan berbagi pengalaman best practices untuk menghadapi evaluasi status pengakuan dan mempertahankan Mutual Recognition Agreement (MRA) dari Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) kepada Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Fajarina juga menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah ada 572 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang telah terakreditasi oleh KAN, serta ada 32 skema akreditasi yang dioperasikan oleh KAN. Dalam perkembangannya KAN juga sudah memiliki 17 pengakuan internasional.

Acara dilanjutkan dengan paparan oleh Analis Standardisasi Ahli Muda BSN, Amar Bramantyo yang menjelaskan tentang titik krisi asesmen lembaga sertifikasi person. Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang Asesor Lembaga Sertifikasi ini diselenggarakan dalam rangka memperdalam pemahaman asesor terhadap SNI ISO/IEC SNI ISO/IEC 17024:2012 - Penilaian kesesuaian – Persyaratan umum untuk lembaga sertifikasi person. (Awg-humas)




­