Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Selenggarakan Sosialisasi Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person

  • Senin, 22 April 2024
  • Humas BSN
  • 126 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) selenggarakan Sosialisasi Skema Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person berdasarkan SNI ISO/IEC 17024:2012 secara daring (22/04/24). Acara ini diadakan dalam rangka peningkatan pengetahuan terkait peraturan dan dokumen akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN), serta sosialisasi persyaratan skema akreditasi Lembaga Sertifikasi Person (LSP).

Membuka acara, Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Fajarina Budiantari mengatakan, “Saat ini proses akreditasi sesuai dengan aturan KAN U-01, diberikan waktu 12 bulan, namun kami memiliki target untuk menyelesaikan waktu akreditasi di waktu 9 bulan saja, hal ini guna meningkatkan layanan kami.”

Lebih lanjut, Fajarina juga menyampaikan per Maret 2024, ada 572 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang sudah diakreditasi oleh KAN. “Pada saat ini ada 30 skema akreditasi yang sudah dikembangkan oleh KAN terutama Direktorat ALIS,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Muhammad Ari Bahtiar Al Machi, selaku Analis Standardisasi Ahli Muda BSN serta Asesor Kepala skema akreditasi Lembaga Sertifikasi Person, tentang karateristik standar 17024, pengembangan skema hingga analis pekerjaan pada saat asesmen dilaksanakan.

Dilanjutkan dengan diskusi dan pertanyaan seputar proses akreditasi, kegiatan yang dihadiri oleh 70 orang peserta dari perwakilan LSP, asesor dan panitia teknis LSP SNI ISO/IEC 17024:2012 ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta menjamin integritas, kompetensi, dan konsistensi proses akreditasi. (Awg-Humas)

 




­