Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Agung Usul Mobil Esemka Diproduksi Massal dengan Menggaet Investor

  • Senin, 09 Januari 2012
  • 948 kali
Kliping Berita

Jakarta - Mobil Esemka, buatan anak-anak SMK, bisa dikembangkan dan diproduksi massal berkerja sama dengan investor dan pabrikan. Bahkan, lebih bagus lagi bila mobil Esemka ini diproduksi dengan bahan bakar gas (BBG), hemat BBM! Usul dan pemikiran tersebut dilontarkan Menko Kesra Agung Laksono.

"Ya itu nanti bisa didorong bisa bekerja sama dengan investor dan pabrikan agar semua sistem perakitannya bisa lebih cepat. Bahkan kalau bisa nggak usah pakai BBM lagi. Jadi keluar dari pabrik itu bentuknya langhung berbahan bakar gas," ujar Agung usai acara arahan awal tahun Menko Kesra pada jajaran Kemenko Kesra di Gedung Graha Krida Bakti, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2012).

Agung menambahkan, sekarang pemerintah mulai menggalakkan konversi dari BBM ke BBG. "Jadi kenapa tidak dibuat itu langsung built in di dalamnya. Tentunya itu akan mendukung program pemerintah. Sehingga bisa menjadi solusi atas keterbatasan BBM kita," imbuhnya.

Untuk standardisasi, bisa meminta inisiatif dari lembaga Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai standar pemasangan perakitan dan mesin kendaraan tersebut.

Apakah ini bisa menjadi cikal bakal industri mobil nasional? "Wah kalau itu kita lihat nanti lah ya, masih awal itu," jawabnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemkot Surakarta menjadikan dua unit mobil merek 'Esemka' buatan anak-anak SMK di Solo sebagai mobil dinas bagi walikota dan wakil walikota. Mobil tersebut dinilai layak secara kualitas, tampilan, maupun harganya.

Bahkan pada Selasa kemarin, kedua mobil tersebut telah digunakan oleh Walikota Joko Widodo dan Wakil Walikota Hadi Rudyatmo untuk melaksanakan tugas-tugas kedinasannya. Namun atas pemakaian kendaraan itu, Rudy berkilah bahwa kemarin dirinya menggunakan mobil itu sebagai bagian dari uji coba. (nwk/asy)

Sumber : DetikNews.com, 04 Januari 2012
Link : http://www.detiknews.com/read/2012/01/04/145948/1806621/10/agung-usul-mobil-esemka-diproduksi-massal-dengan-menggaet-investor?nd992203605




­