Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perpustakaan UK Petra Jadi Rujukan Teknik Sipil

  • Senin, 05 Maret 2012
  • 846 kali
Kliping Berita

Nurul Arifin

SURABAYA - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya meluncurkan layanan akses informasi terkait Dinas Pekerjaan Umum (PU). Layanan ini sedianya untuk menjawab pertanyaan masyarakat yang berkitan dengan Teknik Sipil.

Menurut Rektor UK Petra Rolly Intan, informasi tentang teknik sipil itu misalnya terkait sebuah bangunan yang tahan gempa. Semua itu dapat dilacak sesuai tahun pedomannya.

"Dinas Pekerjaan Umum (PU) lah yang bertugas membuat berbagai macam pedoman ini. Perpustakaan UK Petra dipercaya oleh Kementerian PU untuk menjadi salah satu Simpul Layanan Informasi Standar Bidang ke-PU-an yang berkaitan dengan dunia Teknik Sipil," kata Rolly dalam keterangan rilisnya yang diterima okezone, Senin (5/3/2012).

Dengan diresmikannya layanan ini, lanjutnya, maka segala jenis informasi di bidang bahan konstruksi bangunan dan rekayasa sipil yang berupa Standar Nasional Indonesia (SNI), Pedoman Persyaratan Teknis, Standar Pedoman Manual dan masih banyak yang lainnya dapat diperoleh dengan mudah baik dalam bentuk hardcopy maupun file elektronik.

"Peresmian Simpul Layanan Informasi Standar Bidang ke-PU-an ini akan dilakukan besok (Selasa, 6/3/2012) di Perpustakaan lantai enam kampus UK Petra," tambahnya.

Mudahnya akses informasi ini diharapkan dapat meningkatkan proses pembangunan hingga pemeliharaan bangunan dan infrastruktur di Indonesia. Peluncuran itu juga dikemas dalam bentuk Talkshow yang bertajuk "Peran Standar bagi Akademisi, Praktisi dan Industri". Talkshow ini menghadirkan tiga narasumber yakni Supardi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum,Agus Taufik Mulyono selaku Ketua Forum Standar-Forstand sekaligus Ketua Forum Studi Transportasi antarPerguruan Tinggi, dan Prof. Benjamin Lumantarna.(rfa)

Sumber : okezone.com, Senin 5 Maret 2012.
Link : http://kampus.okezone.com/read/2012/03/05/373/587570/perpustakaan-uk-petra-jadi-rujukan-teknik-sipil