Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Banyak Produk Impor Tak Ber-SNI

  • Sabtu, 07 April 2012
  • 859 kali
Kliping Berita

JAKARTA - Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB) menemukan sebanyak 105.700 buah ban dalam kendaraan bermotor dengan merek DRT yang diimpor dari Cina, 140 buah ban truk bermerek Jin Xing dari China, dan CEAT dari India, tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Ban itu disimpan di Gudang Pelita, Gedong Panjang, Jakarta Utara," kata Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamukti, bersama jajaran lainnya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk hasil pertanian kimia dan kehutanan, khususnya untuk ban dalam dan ban truk, Kamis (5/4).

Sidak tersebut dilaksanakan oleh TPBB serta diikuti oleh Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dan Kementerian Perindustrian.

"Sidak ini merupakan wujud aktif peran pemerintah dalam melindungi konsumen dari beredarnya produk-produk yang tidak memenuhi ketentuan yang berlaku yang akan menimbulkan dampak negatif jika digunakan oleh konsumen," kata Bayu.

Kemendag menyinyalir masih terdapat peredaran produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Nus Nuzulia Ishak, mengungkapkan akan dilakukan langkah-langkah pembinaan terhadap para pelaku usaha yang bersangkutan. mza/E-3

Sumber : Koran Jakarta, Sabtu 07 April 2012 hal 15




­