Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bekal SNI Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

  • Rabu, 02 Oktober 2019
  • 2204 kali

Sebanyak 65 orang Mahasiswa/i Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universtitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang semester 7 dan 8 selama 2 hari (01-02/10/19) mengikuti Pengenalan SNI ISO/IEC 17025:2017 tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi dan SNI ISO/IEC 8340:2016 tentang Sistem Manajemen Biorisiko Laboratorium.

 

Pelatihan selama dua hari ini kami adakan dengan maksud agar mahasiswa/i kita yang sudah memasuki semester akhir ini memiliki pengetahuan serta menambah kompetensi mengenai sistem manajemen laboratorium serta sistem manajemen Bioresiko Laboratorium sesuai dengan program studi yang mereka ambil, ucap Dr. Ismali Sukardi Wakil Rektor I Bidang Akademik saat memberikan kata sambutan serta membuka secara langsung kegiatan tersebut.

 

Lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa semester akhir Nantinya, SKPI ini dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. Kalau ijazah merupakan bukti telah selesainya suatu jenjang pendidikan tertentu, dan transkrip nilai adalah daftar nilai pencapaian selama menempuh perkuliahan, SKPI menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasayarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya. Landasan hukumnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi, tutupnya.

 

Sementara itu UIN Raden Fatah Palembang dalam kegiatan ini menghadirkan 2 (dua) orang Narasumber kunci Dr. Aroem Naroemi, Peneliti senior dan Biosafety Officer di Pusat Riset Virologi dan Kanker Patobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan dari Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional Wilayah Palembang. (kltplm)




­