Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah

  • Selasa, 26 November 2019
  • Humas BSN
  • 620 kali

Untuk memberikan jaminan terhadap jamaah umrah, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah menandatangani nota kesepahaman pada tahun 2018 di Bidang Akreditasi Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Sebagai tindak lanjut nota kesepahaman tersebut, Dirjen PHU Kemenag  menyerahkan Keputusan Dirjen PHU  kepada 11 Lembaga Akreditasi PPIU yang nantinya dapat melaksanakan sertifikasi PPIU, pada Selasa (26/11/2019), di Jakarta.

Penyebutan Istilah "lembaga akreditasi " karena mengacu pada Peraturan Menteri no 8 tahun 2018, namun fungsi yang dimaksud adalah lembaga yang melakukan kegiatan sertifikasi.

Penyerahan Kepdirjen PHU dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar Ali didampingi oleh Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretaris Jenderal KAN, Kukuh S. Achmad.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh berpesan, "Tiga kata kunci mengenai keputusan pemberian SK Dirjen PHU kepada Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Ibadah Umroh yaitu kompeten, konsisten, dan imparsial." 

Kukuh menambahkan, "Apabila di tengah perjalanan terdapat satu yang tidak terpenuhi maka Dirjen PHU berwenang untuk mencabut SK dimaksud."

Sementara itu, Nizar Ali dalam pembukaan acara menyampaikan, "Lembaga Akreditasi perlu juga berperan  dalam rangka meningkatkan kompetensi, menjaga konsistensi, serta imparsialitas kepada agen perjalanan ibadah umroh."

11 Lembaga Sertifikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh penerima Keputusan Dirjen PHU adalah :

- PT. Tirta Murni Sertifikasi

- PT. Enhaii Mandiri 186

- PT. Trifos International Sertifikasi

- PT. Sucofindo

- PT. Tuv Nord Indonesia

- PT. Intertek Utama Services

- PT. Mutu Agung Lestari

- PT. Bureau Veritas Indonesia

- PT. Bhakti Mandiri Wisata Indonesia

- PT. Chesna

- PT. Inti Multima Sertifikasi

Efektifitas  pelaksanaan oleh LA PPIU mulsi 1 Januari 2020. Acara turut dihadiri oleh Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi BSN, Triningsih Herlinawati dan Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kemenag M. Arfi Hatim (PjA - Humas).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat