Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Hari Kopi Nasional, Kopi Indonesia Siap Mendunia

  • Rabu, 11 Maret 2020
  • Humas BSN
  • 1791 kali

Puncak Peringatan Hari Kopi Nasional ke-2 tahun 2020, yang diinisiasi oleh Dewan Kopi Indonesia (Dekopi), Kementerian Pertanian dan Badan Standardisasi Nasional (BSN), dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Hari Kopi Nasional ini harus menjadi ajang konsolidasi nasional menghadapi isu dunia, virus Corona. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat membuka acara.

“Kopi Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan dengan kopi-kopi dari negara produsen kopi lainnya, yakni cita rasa yang tinggi terutama untuk jenis kopi arabika dan telah diklaim sebagai kopi specialty, hal ini menjadi point plus yang baik bagi citra kopi Indonesia di pasar internasional yang perlu kita jaga dan promosikan yang lebih intensif,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah menyampaikan bahwa melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dapat meningkatkan kualitas dari produk kopi Indonesia.

Ketua Dewan Kopi Indonesia (Dekopi), Anton Apriyantono, mengharapkan momentum peringatan hari Kopi Nasional 2020 menumbuhkan semangat baru untuk bersatu dan memperkuat sinergi pembangunan kopi nasional agar kopi Indonesia menjadi kopi yang unggul di dunia.

Sebagai rangkaian acara ini, juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Dalam Rangka Penerapan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di Bidang Kopi antara BSN dengan Dekopi. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah dan Ketua Umum Dekopi, Anton Apriyantono.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini akan dapat semakin meningkatkan kualitas kopi Indonesia, salah satunya dengan mendorong penerapan SNI oleh stakeholders di bidang kopi.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan teleconference dan "Sruput Kopi Bareng" antara Menteri Pertanian dengan stakeholders kopi serta UMKM kopi binaan BSN yang ada di Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN di Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan sebagai peringatan Hari Kopi Nasional secara serentak.

KLT BSN di Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan, hari ini secara serentak juga melaksanakan acara Festival Kopi Ber-SNI di masing-masing daerah untuk mensosialisasikan SNI kopi kepada stakeholders di daerah.

Festival Kopi Ber-SNI merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh BSN untuk memperingati Hari Kopi Nasional. Sebelumnya, acara Festival Kopi Ber-SNI telah sukses diselenggarakan di Thamrin 10, Jakarta bersamaan dengan Car Free Day pada minggu pagi (8/3/2020). (Tyo-Humas)