Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN: Kerjasama BSN dan BIG Terus Dilanjutkan Bahkan Ditingkatkan

  • Rabu, 27 Januari 2021
  • 1006 kali

Bertempat di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), Jakarta, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa melantik Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Muh. Aris Marfai, pada Rabu (27/1/2021).

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menjadi saksi bersama dengan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Jazi Eko Istiyanto.

Dalam sambutannya, Menteri Suharso berpesan bahwa dengan dinamika yang terjadi, mulai dari berbagai kejadian bencana alam, dan pelemahan ekonomi global akibat pandemi Covid-19, keberadaan informasi geospasial yang lengkap, mudah diakses dan dapat dipertanggungjawabkan supaya menjadi prioritas.

Ditemui setelah acara, Kepala BSN, kukuh S. Achmad menyampaikan harapan BSN kepada Kepala BIG yang baru dilantik agar kerjasama yang sudah dijalin selama ini antara BSN dan BIG dapat terus dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan. “Pada era sekarang, kolaborasi antar lembaga pemerintah dalam mengemban amanah rencana pembangunan nasional sudah menjadi keharusan,” ungkap Kukuh.

Menurut Kukuh, BSN juga akan terus mendukung program-program BIG yang berkaitan dengan standardisasi dan penilaian kesesuaian. Seperti diketahui, saat ini BIG menjadi sekretariat Komite Teknis Perumusan SNI 07-01 terkait dengan Informasi Gegrafi/Geomatika yang cukup aktif dalam perumusan SNI di bidang informasi geospasial. Di samping itu, BIG juga mewajibkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bidang informasi geospasial untuk diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Dengan pelantikan ini, Muh. Aris Marfai resmi menggantikan Kepala BIG periode sebelumnya, Hasanuddin Zainal Abidin. (ian-humas)

 

 




­