Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Hadiri Peresmian Assessment Center Universitas Pertahanan RI

  • Minggu, 31 Oktober 2021
  • 2278 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad menghadiri peresmian Assessment Center Universitas Pertahanan Republik Indonesia di Universitas Pertahanan RI (UNHAN RI), Jumat (29/10/2021). Assessment center UNHAN RI diresmikan oleh Rektor UNHAN RI, Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD.

Untuk mendukung pengoperasian Assessment Center, diperlukan kompetensi yang memenuhi sertifikasi profesi dari lembaga sertifikasi person. Kukuh menerangkan, saat ini BSN melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah mengoperasikan 32 skema akreditasi, salah satunya skema lembaga sertifikasi person sesuai SNI ISO/IEC 17024:2012. “Akreditasi diperlukan untuk memastikan kompetensi lembaga-lembaga yang melakukan sertifikasi, pengujian, inspeksi, serta melakukan verifikasi dan/atau validasi,” terang Kukuh.

Dalam kesempatan ini, Kukuh juga menyampaikan bahwa di era globalisasi saat ini, peran standar semakin terlihat. Untuk itu, generasi muda perlu dipersiapkan guna mengatasi perkembangan zaman melalui standardisasi. Kukuh pun berpesan kepada rektor UNHAN RI untuk mengadakan kuliah umum tentang standardisasi, sebagai langkah awal pengenalan standardisasi kepada mahasiswa.

Sementara itu, Rektor UNHAN RI menyampaikan, pendirian Assessment Center UNHAN RI pada hakikatnya adalah perwujudan semangat UNHAN RI untuk menjawab tantangan zaman dimana Universitas merupakan Pusat Kecerdasan atau Center of Excellence di mana terjadi Kolaborasi antar Mahasiswa, Dosen, dan Civitas Akademika di dalam mengembangkan Keilmuan di Bidang Pertahanan dan Keamanan. (ald-Humas)

 




­