Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BULAN MUTU NASIONAL 2022

  • Selasa, 13 September 2022
  • Humas BSN
  • 4028 kali

Bulan Mutu Nasional 2022

'Indonesia Bangkit, Indonesia Kuat Bersama SNI'


Pandemi global terus mempengaruhi semua sektor kehidupan, dan setiap aspek masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, perdagangan internasional, hingga pariwisata. Masa depan kemakmuran kita bersama bergantung pada kemampuan kolektif kita untuk menciptakan landasan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Dua tahun telah berlalu. Pada tahun 2022 ini, dengan penanganan yang baik, pandemi sudah mulai dapat dikontrol sehingga akan segera menuju ke endemi. Pembatasan sosial mulai dikurangi, dunia usaha yang sempat lesu mulai bergeliat, pariwisata sudah mulai ramai kembali dan perekonomian Indonesia sudah kembali tumbuh. Oleh karena itu, diharapkan tahun ini Indonesia akan bangkit kembali dalam waktu dekat.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Lembaga Pemerintah Non Kementarian (LPNK), diberikan tanggung jawab menjalankan fungsi pemerintahan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, BSN memiliki tujuan untuk meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan dalam perdagangan, kepastian usaha, dan kemampuan Pelaku Usaha, serta kemampuan inovasi teknologi.

Bulan Mutu Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan November sejak tahun 1991. Penyelenggaraan Bulan Mutu Nasional, merupakan tindak lanjut dari amanat Presiden ke 2 Republik Indonesia, pada pidato pembukaan Konvensi Nasional Standardisasi dan Penerapan Pengendalian Mutu pada tanggal 5-7 November tahun 1991, yang pada saat itu diselenggarakan oleh Dewan Standadisasi Nasional (DSN). Dalam Konvensi tersebut, ditetapkan bahwa bulan November setiap tahun dijadikan sebagai Bulan Mutu dan Produktivitas Nasional.

Sesuai dengan tujuan tersebut, dalam rangka memperingati Bulan Mutu Nasional, BSN bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Bulan Mutu Nasional di Palembang. Penyelenggaraan Bulan Mutu Nasional tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya standardisasi dan bagaimana standardisasi berperan dalam kehidupan sehari-hari. Bulan Mutu Nasional 2022 juga menyediakan sarana diskusi bagi para pemangku kepentingan untuk meningkatkan daya saing nasional. Acara ini yang merupakan upaya untuk membangkitkan kesadaran dan semangat masyarakat Indonesia akan pentingnya mutu dan infrastruktur mutu nasional, dan memperkuat Indonesia melalui penerapan SNI yang konsisten. Tema Bulan Mutu Nasional 2022, adalah 'Indonesia Bangkit, Indonesia Kuat Bersama SNI'

Rangkaian acara Bulan Mutu Nasional meliputi seminar nasional, workshop, pelatihan, dan pameran. Seminar Nasional Standardisasi yang mengangkat tema “Indonesia Bangkit, Indonesia Kuat Bersama SNI”, akan dilaksanakan secara hybrid. Seminar tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia terutama mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif melalui partisipasi UMKM dan pariwisata agar semakin kuat dalam persaingan usaha.

 

Booklet rangkaian acara Bulan Mutu Nasional dapat diunduh melalui link: https://s.id/BookletBMN2022 

Rangkaian acara Bulan Mutu Nasional:

 

 1. Pembukaan Bulan Mutu Nasional 2022 dan Seminar Nasional Standardisasi dengan Tema,” Indonesia Bangkit, Indonesia Kuat Bersama SNI”

 

Pariwisata nasional tengah memulihkan diri. Pandemi yang berangsur menjadi endemi telah mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Seluruh unsur pariwisata nasional bersiap diri dengan tantangan dan kebutuhan era new normal, dimana kesadaran akan kesehatan dan keamanan menjadi perhatian  wisatawan dan masyarakat.

Perkembangan pariwisata nasional dapat ditilik melalui berbagai aspek, mulai dari penggunaan platform digital untuk akomodasi, pemulihan ekonomi UKM sektor pariwisata hingga transformasi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Bicara tentang pariwisata juga tidak dapat lepas dari adanya kebijakan pembangunan infrastruktur kesehatan global yang memudahkan wisatawan mancanegara untuk masuk ke negara lain, kebutuhan akses informasi dan keselarasan protokol kesehatan.

E-Layanan/jasa pariwisata  perlu memberi informasi  aspek keamanan dan Kesehatan dengan jelas kepada wisatawan/masyarakat. Pelaku bisnis sektor pariwisata dan industri kreatif juga perlu berbenah terhadap  mutu barang/jasa yang ditawarkan dengan berdaya saing di tingkat nasional dan global dengan segenap  diferensiasi yang mengakar pada kearifan lokal.

Mengutip dari pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, terjadi perubahan perilaku konsumen dan tren pariwisata di Indonesia. Perubahan ini mengarah ke pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan (quality and sustainable tourism), dimana pariwisata diharapkan mampu memberikan manfaat tidak hanya dari segi ekonomi, namun aspek kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Lima pilar dasar dalam dunia pariwisata. Pertama, human capital (jobs, skill, education, entrepreneurship), kedua, digitalization, innovation, and creative economy, ketiga, women and youth empowerment, keempat, climate action, biodiversity, and circular economy, dan kelima, policy, governance, and investment framework.

Adanya standardisasi dapat menjadi jembatan untuk membantu pelaku bisnis sektor pariwisata untuk menghadapi perubahan dan menjawab tantangan dari masyarakat akan kebutuhan keamanan dan kesehatan serta memberikan kepastian dan jaminan kepada masyarakat sebagai penikmat wisata.

Tujuan :

  1. Menjadi sarana diskusi bagi pemangku kepentingan untuk pemulihan dan pengembangan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata.
  2. Menjadi sarana informasi kepada masyarakat luas akan upaya dan kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata.
  3. Menjadi sarana informasi bagi masyarakat aspek standardisasi dalam mendorong peningkatan sektor pariwisata.

Penyelenggara                 : Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian

Tanggal Pelaksanaan      : 26 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : Hybrid

Jenis Kegiatan                  : Terbuka untuk umum

Link Pendaftaran            : https://bit.ly/RegBMN2022 

Contact Person                : Nia  (0813 5708 2983)

 

2. Webinar Standar Alat Kesehatan Gigi “Mulut Sehat, Gigi Kuat Dengan SNI Hebat”

 

Kesehatan akan selalu menjadi hal yang paling berharga bagi setiap orang. Salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut. Menurut penelitian, kesehatan gigi dan mulut berpengaruh pada Kesehatan organ tubuh lainnya. Maka dari itu, rajin menggosok gigi menjadi hal yang penting. Menggosok gigi 2x sehari merupakan rutinitas yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi ada kalanya kita membutuhkan bantuan dokter gigi untuk tetap menjaga, maupun mengobati permasalahan kesehatan terkait mulut dan gigi. Selain ilmu dan keahliannya tentu dokter gigi juga dibantu oleh alat-alat yang mumpuni untuk melakukan tugasnya. Alat-alat tersebut perlu mengacu pada persyaratan SNI, kualitas alat-alat kedokteran gigi. Selain itu, BSN juga merilis skema sertifikasi terkait peralatan dental pada PBSN 5 tahun 2021 khususnya lampiran VI “Skema Penilaian Kesesuaian Terhadap Standar Nasional Indonesia Sektor Peralatan dan Produk Penanganan Kesehatan – Skema Sertifikasi Produk Peralatan Dental”.

 

Penyelenggara                 : Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian

Tanggal Pelaksanaan      : 31 Mei 2022

Bentuk Kegiatan              : Online

Jenis Kegiatan                  : Terbuka untuk umum

Link Pendaftaran            :  https://bit.ly/GigiSNI   

Contact Person                : Alonto  (0812 7700 307)

 

3. Webinar Alsintan

 

Indonesia merupakan salah satu negara agraris terbesar di dunia. Dengan sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas, sumber daya alam beraneka ragam dan berlimpah. Kekayaan tersebut menjadikan pertanian di Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting di sektor pemenuhan kebutuhan pokok, selain itu pertanian berperan besar dalam mendongkrak sektor sosial, sektor perekonomian dan perdagangan.

Namun untuk mendukung petanian yang baik, dibutuhkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang berkualitas. Alsintan menjadi komponen penting untuk mendorong modernisasi pertanian di Indonesia. Pasalnya, dengan menggunakan Alsintan dapat meningkatkan produktivitas dan hasil panen para petani.

Inovasi Alsintan di Indonesia terus berkembang, tidak sedikit perusahaan Alsintan di Indonesia mulai mengembangkan Alsintan sesuai kebutuhan petani. Untuk menjamin kualitas dan keamanan Alsintan tersebut, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan 25 SNI terkait alat dan mesin pertanian. BSN bersama stakeholders terus melakukan sosialisasi, edukasi, dan pembinaan SNI di sektor makanan agar produk yang beredar aman, berkualitas, dan layak dikonsumsi. Penerapan SNI dapat memberikan jaminan kualitas dan keamanan bagi masyarakat untuk alat dan mesin pertanian, sehingga dapat mendorong peningkatan hasil dan mutu pertanian di Indonesia

 

Penyelenggara                 : Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian

Tanggal Pelaksanaan      : 6 Juli 2022

Bentuk Kegiatan              : Online

Jenis Kegiatan                  : Terbuka untuk umum

Link Pendaftaran            : https://bit.ly/AlsintanSNI  

Contact Person                : Alonto  (0812 7700 307)

 

4. Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi

 

Komite Akreditasi Nasional (KAN) kembali menyelenggarakan Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) Tahun 2022.  Acara akan dibuka oleh Ketua KAN (Kepala Badan Standardisasi Nasional) secara daring dilanjutkan dengan pemaparan perkembangan akreditasi oleh Sekretaris Jenderal KAN (Deputi Bidang Akreditasi), pemaparan Kebijakan Transisi Spesifik Laboratorium dan KAN U-08 oleh Direktur Akreditasi Laboratorium, dan terakhir diskusi panel Penerapan Kebijakan Transisi Spesifik Laboratorium dan KAN U-08 oleh Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi dan narasumber perwakilan laboratorium dan PUP. Acara dihadiri terbatas oleh 150 peserta perwakilan Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi di wilayah Sumatera.  Kegiatan Pertemuan Teknis juga dapat diikuti secara daring oleh Laboratorium dan PUP di luar area Sumatera.

Masih dalam rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional dan Hari Standardisasi Dunia tahun 2022, tema Pertemuan Teknis ialah “Peningkatan Kompetensi Laboratorium menuju Indonesia Kuat dan Bangkit bersama melalui Penguatan Uji Profisiensi”.

Penyelenggara                 : Direktorat Akreditasi Laboratorium

Tanggal Pelaksanaan      : 22 September 2022

Bentuk Kegiatan              : Offline

Jenis Kegiatan                  : Dengan Undangan

Link Pendaftaran            :  -

Contact Person                : Neni

 

5. Indonesia Quality Expo

 

Indonesia Quality Expo (IQE) adalah pameran tahunan yang memamerkan produk unggulan bersertifikat SNI, yang tahun ini adalah yang ke-10 kalinya IQE diselenggarakan. IQE ke-10 dilaksanakan di Solo Square Mall, Jalan Slamet Riyadi No. 451-455 Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Pelaksanaan IQE ke-10 sebagai rangkaian kegaitan Bulan Mutu Nasional Tahun 2022 yang puncaknya diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan. IQE sebagai event nasional, diharapkan bisa menjadi simbol sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam satu semangat dan komitmen membangun Konsumen Cerdas dan Cinta Produk Indonesia yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pameran IQE ke-10 diselenggarakan di Solo dikarenakan kota ini merupakan kota industri, kota wisata, dan kota pendidikan dengan segala pilihan akses transportasi menuju ke sana. Dengan potensi tersebut, Solo sangat berpotensi untuk pengembangan dan penerapan SNI sesuai dengan tujuan strategis pemerintah daerah yaitu meningkatkan perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakat salah satunya melalui produk unggulan dan sumber daya manusia yang berdaya saing.

Kegiatan IQE yang dilaksanakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, diisi oleh booth pameran dari organisasi (pemerintah maupun swasta) di Indonesia yang terdiri dari industri penerap SNI/standar internasional, lembaga penilaian kesesuaian, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah. Selain pameran, IQE juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan acara panggung yang digabung baik secara online maupun offline. Lomba tersebut, terdiri dari lomba edukatif, dan kuis tentang SNI serta doorprize produk ber-SNI. Tidak hanya itu, kegiatan lainnya berupa talkshow, penganugerahan penulisan dan fotografi jurnalistik, SNIZen Fest, serta city tour. Selain diselenggarakan secara offline, pameran IQE juga akan ditayangkan secara live melalui kanal Youtube BSN_SNI.

 

Penyelenggara                 : Biro Humas Kerjasama dan Layanan Informasi

  dan Perpustakaan

Tanggal Pelaksanaan      : 6-9 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : Offline

Jenis Kegiatan                  : Terbuka Untuk Umum

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Nindya (081235500033)

 

6. Literasi Informasi SPK dan SNI Corner Live

 

Literasi informasi SPK, promosi dan kerjasama perpustakaan. Literasi informasi SPK dirancang untuk meningkatkan pemahaman berbagai elemen masyarakat agar lebih mengetahui dan memahami sumber informasi dan referensi SPK yang ada, sehingga dapat memanfaatkan dan mendayagunakannya  dalam mendukung aktifitasnya di berbagai bidang yang terkait dengan SPK.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk promosi dan kerjasama antar perpustakaan dalam meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan memperkuat layanan perpustakaan. Selain itu, kegiatan literasi informasi SPK ini juga sebagai sarana komunikasi, diskusi dan sharing antara pakar, manajemen dan pengelola perpustakaan, pustakawan, akademisi dan berbagai pihak yang terlibat sebagai pembelajaran dalam pengelolaan koleksi perpustakaan

Rangkaian kegiatan literasi ini termasuk berupa Seri Bedah Standar dan SNI Corner Live yang akan diselenggarakan di Perpustakaan Universitas Sriwijaya Palembang:

Target peserta kegiatan ini diantaranya:

  1. Civitas Akademika (mahasiswa dan staf pengajar)
  2. Manajemen perpustakaan
  3. Pengelola perpustakaan
  4. Praktisi pendidikan
  5. Pengamat dan peneliti yang terkait
  6. Para stakeholder yang terkait

 

Penyelenggara                 : Biro Humas Kerjasama dan Layanan Informasi – Layanan Informasi

  dan Perpustakaan

Tanggal Pelaksanaan      : 24-25 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : Hybrid

Jenis Kegiatan                  : -

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Firmansyah (0818 0603 6031)

 

7. Temu Pelanggan: Layanan Kalibrasi/Pengukuran Saat Ini dan Harapannya

 

Untuk menjamin suatu barang, jasa dan/atau sistem telah memenuhi persyaratan tertentu, maka Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selanjutnya untuk memastikan barang, jasa dan sistem telah memenuhi persyaratan tersebut, maka dilakukan melalui kegiatan Penilaian Kesesuaian (PK). Kegiatan PK dapat dilakukan melalui pengujian, inspeksi, dan/atau sertifikasi. Dalam melakukan pengujian, maka salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan adalah pengukuran.

Pengukuran merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menentukan angka tertentu guna menggambarkan karakteristik suatu objek ukur. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur, di mana alat ukur yang digunakan harus dapat diketahui kemampuannya (nilai koreksi dan ketidakpastian pengukuran). BSN berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2014, khususnya pada pasal 42 dan 43 menyatakan bahwa pengukuran dalam kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian harus tertelusur ke Sistem Satuan Internasional (SI) melalui pengelolaan Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), pengembangan bahan acuan dan kalibrasi.

Pengelolaan SNSU dilaksanakan melalui Deputi Bidang SNSU, salah satu tugasnya melaksanakan diseminasi standar acuan melalui layanan kalibrasi dan pengukuran, penyediaan nilai acuan serta uji profisiensi. Layanan tersebut diberikan kepada seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang metrologi, baik lembaga penilaian kesesuaian yang berasal dari instansi pemerintah maupun swasta, dan beberapa industri strategis di Indonesia. Kebutuhan ketertelusuran pengukuran ini sangat penting karena memberikan kepastian dan keberterimaan hasil pengukuran baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Penyelenggara                 : Kedeputian Bidang Standar Nasional dan Satuan Ukuran

Tanggal Pelaksanaan      : 27 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : hybrid

Jenis Kegiatan                  : Dengan Undangan

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Nurlathifah

 

8. Workshop Nasional ISO Next Generation

 

Mengikuti perkembangan era “Society 5.0”, salah satu kesiapan yang harus dibangun adalah Sumber Daya Manusia.  Standardisasi menjadi salah satu kompetensi yang banyak dipersyaratkan oleh industri guna mendapatkan sumber daya manusia yang mampu membawa organisasinya untuk berkiprah dalam level persaingan yang semakin ketat. Badan Standardisasi Nasional (BSN) menginisiasi Program Generasi Penerus Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) sebagai langkah regenerasi dalam menciptakan generasi muda yang kompeten di bidang SPK. Sebagai informasi, salah satu Program Generasi Penerus SPK ini adalah melibatkan para generasi muda dalam penyusunan standar yaitu dengan menjadi anggota TC/Komite Teknis.

Sebagai langkah awal dari inisiasi Program Generasi Penerus SPK, BSN melalui Pusat Pengembangan SDM SPK akan menyelenggarakan National Workshop Young Generation of Standardization. Kegiatan ini ditujukan bagi para professional muda yang ingin berpartisipasi aktif dalam bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian di level nasional maupun internasional. Menghadirkan para pembicara hebat dari The Internasional Organization for Standardization (ISO)*, International Electrotechnical Commission (IEC)*, serta Badan Standardisasi Nasional (BSN).

 

Penyelenggara                 : Pusat Pengembangan SDM

Tanggal Pelaksanaan      : 27 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : Hybrid

Jenis Kegiatan                  : Terbuka untuk umum

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Daya

 

9. SEMINAR Peningkatan Daya Saing Pelaku Usaha dan Produk Unggulan Daerah Melalui Penguatan Peran Lembaga Penilaian Kesesuaian di Wilayah Sumatera Bagian Selatan.

 

Sulawesi bagian selatan merupakan wilayah yang kaya akan potensi sumber daya alam, potensi tersebut termasuk pelaku usaha dan produk unggulan agar memiliki daya saing kompetitif, baik untuk pasar lokal maupun pasar ekspor. Tentunya diperlukan strategi para pemangku kepentingan dan penyiapan kebijakan pemerintah pusat dan daerah guna menyelaraskan dukungan terhadap hal ini, tentunya dengan melihat pula kemampuan dan kondisi para pelaku serta ruang lingkup Lembaga Penilaian Kesesuaian.

Senada dengan hal ini, dalam rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional Tahun 2022, BSN akan menyelenggarakan “Seminar Peningkatan Daya Saing Pelaku Usaha dan Produk Unggulan Daerah Melalui Penguatan Peran Lembaga Penilaian Kesesuaian di Wilayah Sumatera Bagian Selatan”. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini para pemangku kepentingan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Sumatera bagian Selatan memahami peran dan kontribusinya dalam meningkatkan daya saing pelaku usaha dan produk unggulan daerah.

 

Penyelenggara                 : Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian

Tanggal Pelaksanaan      : 27 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : Offline

Jenis Kegiatan                  : Dengan undangan

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Febri

 

10. Pertemuan Teknis Lembaga Sertifikasi “Akreditasi dan Sertifikasi Mendukung Kebijakan Pemerintah untuk Legalitas dan Kelestarian Sektor Kehutanan”

 

Salah satu bentuk komitmen Indonesia dalam mendukung pertumbuhan produk kehutanan yang legal dan lestari adalah dengan dibangunnya sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK). Dengan perubahan terakhir dilakukan di tahun 2021 yaitu dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PERMENLHK) Nomor 8 tahun 2021 Tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan, serta Pemanfaatan Hutan di Hutan lindung dan Hutan Produksi. Dengan terbitnya PERMENLHK tersebut terdapat beberapa perubahan, diantaranya SVLK sekarang tidak hanya mengenai legalitas namun juga berbicara mengenai kelestarian, sehingga kepanjangan SVLK sekarang menjadi Sistem Verifikasi Legalitas dan Kelestarian. Perubahan ini juga berkaitan dengan adanya perubahan konsep satu izin satu usaha menjadi perizinan berusaha dengan konsep multiusaha.

Perlu koordinasi dari seluruh stake-holder yang terlibat untuk mengantisipasi perubahan dan menjamin konsistensi dan kompetensi penerapan sertifikasi SVLK, baik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selaku pemilik skema, Komite Akreditasi Nasional (KAN), Lembaga Penilai dan pelaku usaha selaku penerap SVLK. Untuk mendukung regulasi dan menyederhanakan sistem yang sudah berlangsung, maka akreditasi yang dilakukan KAN terhadap Lembaga Penilaian Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (LPPHPL) dan Lembaga Verifikasi Legalitas Kayu (LVLK) akan berubah dan menjadi satu menjadi Lembaga Penilai Verifikasi Independen (LPVI). Penyatuan ini akan menghemat biaya akreditasi juga akan membuat pelaksanaan asesmen dapat dilakukan secara bersamaan. 

Dengan adanya seminar ini, diharapakan baik LPVI maupun pelaku usaha dapat menerapkan penatausahaan kayu sesuai regulasi yang ada sehingga memberikan manfaat diataranya, meningkatnya kepercayaan pasar internasional, menjamin keterlacakan bahan baku dari sumber legal dan lestari serta mengurangi laju kerusakan hutan. Hal ini selaras dalam mewujudkan program nawa cita pemerintah ke-9 yatu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.

 

Penyelenggara                 : Direktorat Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi

Tanggal Pelaksanaan      : 27 Oktober 2022

Bentuk Kegiatan              : Offline

Jenis Kegiatan                  : Dengan Undangan

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Adi

 

11. Festival Produk UMK Ber-SNI

 

Untuk meningkatkan akses pasar produk lokal ber-SNI, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), BSN gandeng Tokomutu.com, etalase digital yang diluncurkan pada 31 November 2021 oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI Bapak Luhut Binsar Panjaitan serta Kepala BSN dan CEO Tokomutu.com.

Salah satu media memperkenalkan produk UMK ber-SNI adalah melalui Festival Produk UMK ber-SNI yang pertama kali di adakan di Thamrin 10, Jakarta pada 25-30 Maret 2022 yang menampilkan 35 produk UMKM ber-SNI dengan jumlah pengunjung mencapai 1000 dan membukukan transaksi mencapai Rp 80 juta. Tahun ini tokomutu.com kembali menyelenggarakan Festival serupa yang bertema Festival Produk UMK ber-SNI untuk Keluarga Indonesia yang Berkualitas di Palembang Square pada tanggal 28-30 Oktober 2022. Festival ini merupakan rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional 2022 dan didukung oleh BSN, KAN, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan International Council for Small Business Sumatera Selatan.

Acara ini akan diisi pameran aneka produk UMKM ber-SNI, acara lomba-lomba keluarga, talkshow produk berSNI, Bincang Keluarga dan lain sebagainya. Dengan acara ini diharapkan semakin meningkatkan kesadaran bahwa membangun keluarga berkualitas dapat dimulai dengan mengkonsumsi, menggunakan produk-produk yang berkualitas berSNI karena terjamin keamanan dan mutunya.

 

Penyelenggara                 : Direktorat Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian

Tanggal Pelaksanaan      : 28 – 30 Oktober

Bentuk Kegiatan              : Offline

Jenis Kegiatan                  : Terbuka untuk umum

Link pendaftaran            : -

Contact Person                : Haryanto

 

12. Herudi Technical Comitee Award

 

Standar Nasional Indonesia (SNI) memiliki peran strategis dalam pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi Covid-19. Dengan pengembangan SNI yang tepat dan multiguna, kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian diharapkan dapat membantu pemulihan perekonomian di Indonesia, salah satunya melalui sektor UMKM agar dapat memiliki nilai jual tinggi dan berdaya saing global. Oleh karena itu, BSN selalu berusaha mengembangkan SNI agar dapat mendukung pemulihan Nasional untuk mewujudkan Indonesia tumbuh lebih kuat pasca pandemi Covid-19.

Dalam proses pengembangan SNI, tak lepas peran serta Komite Teknis hingga akhirnya SNI dapat diterapkan dengan baik. Untuk itu, serangkaian dengan kegiatan BMN 2022, BSN kembali menggelar HTCA dengan mengusung konsep dan tema yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Herudi Technical Committee Award atau HTCA yang diambil namanya dari tokoh penggagas standardisasi di Indonesia, Ir. Herudi Kartowisastro, merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengapresiasi kinerja Komite Teknis dalam pengembangan SNI setiap tahunnya.

Mengusung tema “Pengembangan SNI Mendukung Pemulihan Nasional Menuju Indonesia Kuat”, kegiatan HTCA 2022 merupakan kegiatan penilaian yang diadakan sebagai tindak lanjut kegiatan evaluasi kinerja Komite Teknis yang menitik beratkan kepada inovasi, penguatan sumber daya, keterlibatan stakeholder serta efektivitas program pengembangan SNI dalam kebutuhan dunia usaha dan mendukung program prioritas nasional. Konsep kegiatan HTCA pada tahun 2022 selain kriteria yang berbeda dengan tahun sebelumnya, proses penilaian yang dilakukan juga berbeda melalui penyederhanaan laporan tahunan yang dibuat komite teknis serta mekanisme penilaian yang lebih mudah namun tepat sasaran dengan harapan dapat mengukur dan meningkatan kinerja komite teknis serta efektivitas SNI yang ditetapkan serta diterapkan di Indonesia.

Penyelenggara                 : Kedeputian Pengembangan Standar

Tanggal Pelaksanaan      : 10 November 2022

Bentuk Kegiatan              : Hybrid

Jenis Kegiatan                  : Dengan Undangan

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Rafie  (0813-2048-2320)

 

13. Sirkular Ekonomi Menyambut G-20

Circular economy atau ekonomi sirkular telah menjadi bahasan baru di forum internasional. Ekonomi sirkular merupakan suatu framework yang berupaya memperpanjang siklus hidup dari suatu produk, bahan baku, dan sumber daya yang ada agar dapat dipakai selama mungkin. Prinsip dari ekonomi sirkular mencakup pengurangan limbah dan polusi, menjaga produk dan material terpakai selama mungkin, dan meregenerasi sistem alam.

International Organization for Standardization (ISO) selaku organisasi standar internasional telah membentuk Technical Committee ISO/TC 323 Circular Economy yang beranggotakan 73 negara Particapating-Member dan 19 negara Observing-Member. ISO/TC 323 Circular Economy mengembangkan standardisasi di bidang circular economy mencakup kerangka, panduan, alat pendukung dan persyaratan untuk pelaksanaan kegiatan semua organisasi yang terlibat, untuk memaksimalkan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.

Badan Standardisasi Nasional sebagai pembina standardisasi dan penilaian kesesuaian nasional telah membentuk Komite Teknis 13-13 Ekonomi Sirkular, yang sekaligus berperan sebagai National Mirror Committee mewakili Indonesia sebagai P-Member ISO dalam upaya partisipasi aktif dalam pengembangan standar internasional maupun Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dengan telah dirumuskannya standar internasional yang mengusung tema Circular Economy oleh ISO, maka BSN akan menyelenggarakan Virtual Workshop dengan tema “Pengembangan Standar Circular Economy mendukung Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) menuju Indonesia bangkit dan kuat Bersama SNI”, dengan tujuan memberikan pemahaman cakupan ekonomi sirkular dan antisipasi perkembangan ekonomi sirkular yang dibutuhkan para pemangku kepentingan, baik pemerintah, pelaku usaha, konsumen, dan para pakar.

 

Penyelenggara                 : Direktorat Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal

Tanggal Pelaksanaan      : 3 November 2022

Bentuk Kegiatan              : Online

Jenis Kegiatan                  : Dengan undangan

Link Pendaftaran            : -

Contact Person                : Dhanes (0821 1242 3850)