Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Perpustakaan Pusat UGM Gandeng BSN Gelar Workshop Bagi Pustakawan

  • Jumat, 08 Juli 2022
  • 1225 kali

Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi Badan Standardisasi Nasional (HKLI - BSN) kembali melaksanakan kegiatan workshop dalam mendukung pemanfaatan informasi tentang SPK di SNI Corner UPT Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Rabu (6/7/2022). BSN menghadirkan 2 narasumber terkait workshop tersebut yaitu Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri dan Pustakawan BSN, Firmansyah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri menyampaikan pentingnya standar untuk suatu produk, proses dan lainnya. Standar Nasional Indonesia (SNI) memiliki beberapa manfaat, diantaranya menjamin produk baik produksi industri maupun UMKM menjadi lebih terjamin keamanannya serta meningkat daya saingnya.

Zul juga menjelaskan mengenai proses notifikasi ke WTO dikala SNI akan diwajibkan. Selain itu, BSN memiliki beberapa kerjasama internasional dan standar internasional tersebut dapat diadopsi dengan mengikuti prosedur standar internasional.

Selain itu, Zul menjelaskan mengenai prinsip-prinsip dalam merumuskan standar, lingkup standardisasi, pengertian penilaian kesesuaian dan memiliki skema akreditasi diantaranya terkait Laboratorium Penguji dan Kalibrasi (SNI/ ISO 17025), Laboratorium Medik (SNI ISO 15189) dan lainnya. Paparan Zul ditutup dengan penjelasan mengenai alur sertifikasi SNI produk apabila ada perusahaan yang ingin barangnya mendapatkan SNI.

Sementara itu, Pustakawan BSN, Firmansyah menjelaskan mengenai sumber-sumber informasi SPK yang dapat diakses oleh umum sehingga diharapkan pustakawan dan civitas akademika UGM dapat meningkatkan literasi informasi SPK, khususnya layanan Perpustakaan BSN. Dilanjutkan dengan sesi workshop para pustakawan dalam mengakses sumber-sumber informasi tersebut oleh Albi Kusuma Hendrawan.

Acara workshop diakhiri dengan diskusi interaktif. Para Pustakawan UGM menyambut baik dengan adanya pengenalan informasi mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian serta banyak sumber informasi yang dapat digunakan pustakawan untuk mendukung pekerjaannya sehari-hari. (DWI/ FIR/ AKH)

 

 




­