Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Sambut Delegasi Timor-Leste dari AIFAESA

  • Selasa, 20 Juni 2023
  • 1501 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Ahmad, menyambut kunjungan dari Autoridade Inspesaun no Fiskalizasaun Atividade Ekonómika, Sanitária no Alimentár (AIFAESA atau Otoritas Inspeksi dan Pengawasan Kegiatan Ekonomi Sanitasi dan Makanan) Timor-Leste di Jakarta pada Selasa (20/06/2023). Dalam kunjungan tersebut delegasi Timor-Leste dipimpin oleh Ernesto Monteiro selaku Inspektur Jenderal AIFAESA, didampingi oleh Dionisio Neto da Silva (Sub-Inspektur Jenderal), Anosio Soares de J.Araujo (Direktur Hukum), dan Francisca Lucia Fatima (Humas).

Pada kesempatan tersebut Ernesto menyampaikan bahwa pengawasan kualitas dan keamanan barang beredar di dalam negeri menjadi perhatian utama pemerintah Timor-Leste. 90% barang yang beredar di Timor-Leste diimpor dari luar Timor-Leste sedangkan Timor-Leste belum memiliki standar kualitas dan regulasi teknis untuk melindungi keselamatan konsumen dan mengawasi peredaran barang tersebut. Ernesto menambahkan bahwa Timor-Leste ingin belajar dari cara Indonesia menjamin kualitas dan keamanan produk yang beredar di Indonesia.

Kukuh menanggapi bahwa BSN akan siap membantu Timor-Leste di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi, terutama setelah ditandatanganinya nota kesepahaman antara BSN dan IQTL (Institute for Quality of Timor-Leste) pada 19 Juli 2022 lalu. Di dalam nota kesepahaman tersebut BSN dan IQTL sepakat untuk mengembangkan kerja sama di bidang pertukaran informasi; partisipasi pada konferensi, simposium, workshop, pameran, dan pertemuan lainnya; menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung saling pengakuan hasil standardisasi dan penilaian kesesuaian; serta meningkatkan kapasitas teknis di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Konny Sagala, Direktur Sistem dan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, dan Suhaimi A. Kasman, Ketua Tim Kerja Kelompok Substansi Kerja Sama. Kukuh berharap, kerja sama antara BSN dan IQTL dapat dimanfaatkan pula oleh AIFAESA untuk dapat memperkuat pengawasan pasar di Timor-Leste. (David-KS/Reza-Humas)




­