Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Inovasi Kolaborasi ISO-IEC Hasilkan Platform Pengembangan Standar Daring

  • Kamis, 22 Juni 2023
  • 1615 kali

International Organization for Standardization (ISO) bersama International Electrotechnical Commission (IEC) berkolaborasi dalam pengembangan Online Standards Development (OSD), yaitu sebuah platform untuk kegiatan pengembangan standar secara holistik, dari persiapan hingga publikasi yang semuanya dilakukan secara daring.

OSD merupakan single platform daring yang sudah mengintegrasikan semua tahapan pengembangan standar ISO, yang memungkinkan untuk menulis dan mengedit dokumen standar secara kolaboratif, memberikan komentar rekomendasi dari para anggota komite teknis yang semuanya telah memenuhi prinsip proses perumusan standar secara konsensus.

We're working collaboratively to shape the standards of tomorrow,” ungkap ISO IT Programme Manager, Julie Suter dalam ISO Asia Pacific Monthly Meeting pada Rabu (21/6/2023) secara daring yang dihadiri oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Anggota tetap ISO.

OSD, lanjutnya, saat ini masuk ke dalam tahap uji coba yang merupakan dua tahap akhir sebelum diluncurkan secara resmi.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh ISO kepada seluruh anggotanya, uji coba penggunaan OSD menunjukkan 75% responden merasakan dampak positif, khususnya terhadap authoring features yang memungkinkan untuk menulis serta mengedit dokumen standar pada OSD.

“ISO akan mengadakan pelatihan sekaligus mendistribusikan modul pengenalan penggunaan OSD kepada Stakeholder, yang dijadwalkan pada Bulan Juni, September, Oktober, dan November 2023,” pungkasnya.

Sementara itu, turut diinformasikan dalam forum perihal informasi terkini mengenai perhelatan ISO Annual Meeting tahun 2023 yaitu pada 18-22 September 2023 di Brisbane, Australia secara hybrid, yang secara detail dapat dilihat dari tautan: https://www.iso.org/annualmeeting. (PjA – Humas)




­