Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dukung Pertumbuhan Ekosistem Kendaraan Listrik, Kepala BSN Kunjungi Viar

  • Selasa, 18 Juli 2023
  • 863 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mempunyai tugas membina serta mengembangkan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia, sangat mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan menetapkan 38 Standar Nasional Indonesia (SNI) yang terkait dengan kendaraan listrik dan ekosistemnya.

Sebagai moda transportasi yang digerakkan dengan tenaga listrik dan digunakan di jalan raya, tentu diperlukan jaminan akan kualitas dan keamanan kendaraan listrik.

“Standar bisa menjadi jaminan dalam menjawab keraguan sebagian masyarakat akan kualitas dan keamanan kendaraan listrik,” ujar Kepala BSN, Kukuh S. Achmad saat melakukan kunjungan ke PT. Triangle Motorindo, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023).

Kukuh S. Achmad melakukan kunjungan ke produsen kendaraan listrik merk Viar, PT. Triangle Motorindo, dalam rangka melihat secara langsung penerapan standar oleh industri.

Dalam kesempatan tersebut, Kukuh disambut oleh Direktur Utama PT. Triangle Motorindo, Tri Susilo Wahono dan General Manager PT. Triangle Motorindo, Dimas Tommy Radityo.

PT. Triangle Motorindo (Viar) yang berdiri pada tahun 2000 merupakan salah satu produsen sepeda motor roda dua, motor niaga, serta pionir dalam produksi kendaraan listrik di Indonesia. Pada tahun 2017, Viar melaunching kendaraan listrik pertamanya yaitu sepeda motor Viar Q1 dan hingga kini terus mengembangkan berbagai varian kendaraan listrik lainnya.

Selain menerapkan SNI pada komponen-komponen kendaraannya, Viar juga telah menerapkan SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu; ISO 14001:2015 - Sistem Manajemen Lingkungan (Environmental Management Systems); serta ISO 45001:2018 - Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Occupational Health and Safety Management System).

PT. Triangle Motorindo (Viar) juga meraih SNI Award Tahun 2015 untuk Kategori Organisasi Besar Barang Sektor Elektronika, Logam, dan Produk Logam.

Di sela-sela kunjungannya, Kepala BSN melakukan dialog dengan Viar mengenai pengembangan SNI terkait kendaraan listrik yang dibutuhkan oleh industri dalam rangka mendorong peningkatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. (arf – humas)

Galeri Foto: Dukung Pertumbuhan Ekosistem Kendaraan Listrik, Kepala BSN Kunjungi Viar




­