Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Corner Hadir di Universitas Hasanuddin Makassar

  • Senin, 24 Juli 2023
  • 829 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Direktorat Perencanan dan Pengembangan Universitas Hasanuddin melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyebarluasan Dan Pemanfaatan Informasi Standardisasi Dan Penilaian Kesesuaian Melalui Penyelenggaraan SNI Corner pada senin (17/7/2023) di Makassar, Sulawesi Selatan. Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi (HKLI) BSN, Zul Amri dan Direktur Perencanan dan Pengembangan Universitas Hasanuddin, Dr. Ir. M. Yahya, ST., M.Eng..

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga launching SNI Corner di Universitas Hasanuddin. SNI Corner Universitas Hasanuddin menjadi SNI Corner ke 33 yang diresmikan BSN.  Peresmian SNI Corner ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Perencanaan dan Keuangan Universitas Hasanuddin, Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm., Sc., Ph.D., Apt) mewakili Rektor Universitas Hasanuddin Bersama dengan Kepala Biro Humas, Kerjasama dan Layanan Informasi (HKLI) BSN, Zul Amri.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri yang menyampaikan bahwa kerja sama antara BSN dan Universitas Hasanuddin sangatlah penting terutama dalam sosialisasi pengenalan standar pada stakeholder terkait, khususnya kepada civitas akademika di Universitas Hasanuddin dan Makassar secara umum.

Selanjutnya sambutan dan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Keuangan Universitas Hasanuddin, Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm., Sc., Ph.D., Apt. Dalam sambutannya Prof. Subehan menyampaikan bahwa terkait kerja sama, SNI Corner ini merupakan perwakilan BSN di Universitas Hasanuddin, dimana tersedia informasi-informasi terkait standardisasi terutama yang terkait dengan dunia pendidikan dan SNI Corner tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh civitas akademika di Universitas Hasanuddin.

Acara selanjutnya dilakukan diskusi panel dengan tiga narasumber. Paparan pertama disampaikan oleh Kepala Biro HKLI BSN, Zul Amri yang menjelaskan peran standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam perdagangan global. Zul Amri menyampaikann manfaat standar bagi kehidupan diantaranya memberikan perlindungan mulai dari mutu, kesehatan, lingkungan, juga untuk meningkatkan daya saing. Selain itu, Zul Amri menjelaskan mengenai prinsip-prinsip dalam merumuskan standar, lingkup standardisasi dan pengertian penilaian kesesuaian.

Paparan kedua disampaikan oleh Kepala ISO Sekretariat Unhas, Prof. Dr. Nunuk Hariani Soekamto, MS., yang menjelaskan perkembangan penerapan standar di UNHAS terutama penerapan standar terkait sistem manajemen (SNI ISO 9001:2015, SNI ISO 21001:2018, SNI ISO 37001:2016, SNI ISO/IEC 27001:2013, SNI ISO 45001:2018 dan lain-lain) dan akreditasi laboratorium berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dibeberapa laboratorium di UNHAS.

Pada akhir sesi acara ditutup oleh pemateri ketiga, Perancang Kemasan Informasi Standardisasi BSN, Indra Saefudin yang menjelaskan SNI Corner sebagai referensi sumber informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian. Selain itu Indra juga menjelaskan mengenai cara penggunaan aplikasi SNI Corner yaitu portalsnicorner.bsn.go.id dan juga menjelaskan kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan di SNI Corner.

Secara umum, SNI Corner merupakat outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian, yang menyediakan informasi terpadu baik dalam bentuk dokumen fisik maupun digital.(Ind)

 




­