Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Mendukung Transformasi Digital Indonesia Secara Utuh

  • Jumat, 04 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 951 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama-sama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta British Standards Institution (BSI) menyelenggarakan rangkaian pelatihan di bidang transformasi digital melalui penerapan standar-standar internasional, yang ditutup dengan kegiatan Symposium on Practical Applications of International Standards to Support Digitalization Initiatives, pada Kamis (3/8/2023) di Jakarta.

Acara yang bertemakan Shaping the Digital Future: Implementing Standards to Support Digitalization Policies ini turut mendukung salah satunya perumusan Peta Jalan Digitalisasi Indonesia tahun 2021 – 2024. Serial kegiatan yang diikuti oleh perwakilan lintas Kementerian/Lembaga ini selain membangun pemahaman tentang penerapan standar-standar internasional guna mendukung transformasi digital di Indonesia secara utuh dan mendukung inisiatif digitalisasi secara global, juga mendukung penyusunan ASEAN Digital Master Plan 2025 (ADM 2025) yang berkenaan dengan percepatan transformasi digital di wilayah ASEAN sebagaimana yang ditetapkan oleh Para Pemimpin ASEAN,” sebut Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah saat menyampaikan sambutannya dalam acara ini.

Acara Simposium ini menstimulasi para peserta untuk saling berbagi pengetahuan termasuk menyusun rekomendasi yang dapat menjadi masukan di institusi atau organisasi masing-masing.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Pusat Kelembagaan Internasional Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Ichwan Makmur Nasution, bahwa “Simposium yang merupakan lanjutan pelatihan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2022 ini sekaligus merupakan kolaborasi antar Lembaga untuk percepatan transformasi digital di Indonesia.”

Apalagi, sambungnya, dalam situasi pasca pandemi telah terjadi percepatan transfer dari pekerjaan manual ke digital secara menyeluruh, “Standardisasi dan digitalisasi saling berdampingan untuk mendukung pertumbuhan segala sektor termasuk ekonomi. Transformasi digital akan menjadi semrawut dan tidak terarah tanpa adanya standardisasi,” imbuhnya. 

Terciptanya iklim digital yang kondusif akan turut mendorong pertumbuhan investasi di Indonesia seiring adanya jaminan keamanan data serta sistem operasional yang berjalan melalui penerapan standar, “Penerapan standar dengan pertumbuhan ekonomi digital sangat relevan dan memberikan jaminan keamanan kepada seluruh pemangku kepentingan,” ungkap Digital Development Lead, UK Government, Charis McCarter.

Acara berjalan secara interaktif yang memfasilitasi para peserta untuk memaparkan presentasi hasil diskusi secara kolektif demi mewujudkan transformasi digital Indonesia secara utuh melalui standardisasi. (PjA – Humas)

 

Galeri  Foto: Standardisasi Mendukung Transformasi Digital Indonesia Secara Utuh

 




­