Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium SNSU BSN Terima Peer Review Lingkup Suhu

  • Rabu, 30 Agustus 2023
  • Humas BSN
  • 672 kali


Dalam rangka mempertahankan dan menambah keberterimaan hasil pengukuran dan kalibrasi di lingkup regional (Asia Pasifik) dan internasional, Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima peer review dengan ruang lingkup suhu dan kelembaban di Laboratorium SNSU BSN, Serpong pada 29 - 31 Agustus 2023.

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono dalam sambutannya pada Selasa (29/8/2023), di Laboratorium SNSU BSN, Serpong, menyampaikan bahwa Laboratorium SNSU BSN merupakan Lembaga Metrologi Nasional (National Metrology Institute/NMI) untuk Indonesia. SNSU BSN memiliki 9 laboratorium SNSU yaitu panjang; massa; akustik dan vibrasi; biologi; suhu; fotometri dan radiometri; kelistrikan; waktu dan frekuensi; serta kimia.

Hingga saat ini, Laboratorium SNSU BSN memiliki total 146 kemampuan kalibrasi dan pengukuran (CMCs) yang diakui internasional dan tercantum dalam Appendix C The CIPM Mutual Recognition Arrangement (CIPM-MRA).

“Untuk ruang lingkup suhu, Laboratorium SNSU BSN memiliki 41 CMC dalam CIPM-MRA,” ungkap Kristianto.

Kristianto melanjutkan, peer review ini sangat penting untuk memastikan bahwa laboratorium SNSU BSN dan pelayanan kalibrasi dan pengukurannya memenuhi persyaratan internasional.

Sementara itu Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid mengatakan bahwa pengakuan internasional atas kemampuan pengukuran dan kalibrasi merupakan pondasi bagi pengakuan internasional atas Sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Nasional yang berkontribusi pada peningkatan keberterimaan produk nasional di pasar global.

Peer review ini dipimpin oleh Asesor Kepala dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Agustinus Praba Drijarkara. Adapun anggota asesor dari NMI lain, yaitu Wang Li dari National Metrology Center (NMC) Star dari Singapura.

Praba dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa peer review ini akan mengevaluasi penerapan standar ISO/IEC 17025:2017 Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi yang dijalankan Laboratorium Suhu - SNSU BSN.

“Kami berharap hasil dan temuan peer review memiliki manfaat besar bagi peningkatan kualitas Laboratorium SNSU,” ujar Praba.

Turut hadir dalam pembukaan peer review ini Direktur SNSU Mekanika, Radiasi dan Biologi Wahyu Purbowasito; Kepala Laboratorium Suhu - SNSU BSN Aditya Achmadi; Kepala Laboratorium Waktu dan Frekuensi - SNSU BSN A.M Boynawan; serta para metrolog dan staf Laboratorium SNSU BSN.(ria-humas)

 

Galeri Foto: Laboratorium SNSU BSN Terima Peer Review Lingkup Suhu




­